Glenn Fredly Komentari Kebebasan Ahok Hingga Panasnya Situasi Politik

Guntur Merdekawan | Kamis, 24 Januari 2019 19:15 WIB
Glenn Fredly Komentari Kebebasan Ahok Hingga Panasnya Situasi Politik

Kapanlagi.com - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hari ini, Kamis (24/1/2019) resmi bebas dari hukuman atas kasus penistaan agama. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu telah menghadapi hukuman 2 tahun penjara dengan remisi sekitar 3 bulan di Mako Brimob.

Bebasnya Ahok pun disambut dengan meriah oleh banyak pihak, seperti salah satunya Glenn Fredly. Ditemui awak media, penyanyi bersuara emas itu mengutarakan betapa Ia merupakan penggemar berat dari pria yang kini dipanggil BTP tersebut.

"Kalau saya jelas dibilang ada hubungannya, tidak, tapi kalau bicara mengikuti perjalanan beliau (BTP) ya pasti. Artinya beliau adalah tokoh nomor satu, dia pernah ada di birokrasi. Kan dia punya pengalaman, cerita, sampai akhirnya dia menjalani hukumannya sampai selesai dan saya berharap beliau menjadi tokoh yang berani dikenal sebagai tokoh demokrasi buat kebangsaan ini, karena penting," ujar Glenn saat ditemui di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (24/1).

"Jadi figurnya buat saya ya konkret, di tengah pemerintah, kemudian menjalani masa hukumannya juga, ya jadi ini salah satu tokoh yang bisa menjaga dan mengawal demokrasi Indonesia," sambungnya singkat.

1 dari 2 halaman

1. Lagu Untuk Ahok?

Glenn belum kepikiran untuk membuatkan lagu buat idolanya tersebut. Namun yang pasti, mantan kekasih Aura Kasih ini memang benar-benar salut dan hormat pada sosok BTP, pun segala cerita kehidupannya.

"Nggak sih (bikin lagu). Kalau lagu, khusus cuma tadi saya posting di media sosial saya, jadi saya mengapresiasi bahwa beliau menjalani masa hukumannya. Kita bisa lihat dia mengakui, bahkan dia minta maaf ke orang-orang yang pernah dikecewakan. Point-nya adalah kita butuh tokoh publik yang bisa mengawal demokrasi, artinya Indonesia nih penting, Indonesia yang plural, Indonesia yang beragam juga harus dijaga, ini tanggung jawab semua, tanggung jawab media, tanggung jawab semua. Bahkan dari level yang paling bawah pengen lihat Indonesia ini, buat saya ini lebih penting dari sebuah elektoral," tegas Glenn.

2 dari 2 halaman

2. Komentari Pilpres

Komentari Pilpres Glenn Fredly idolakan Ahok / Credit: KapanLagi - Agus Apriyanto
Sejak beberapa tahun terakhir, dunia politik Tanah Air memanas karena persaingan antara 2 kubu berbeda, khususnya tahun ini, di mana Pilpres bakal diselenggarakan lagi. Glenn pun berkomentar mengenai kondisi yang tak kondusif tersebut.

"Dari 2014 dari Pilpres rakyat Indonesia ini terpecah kebelah dua nggak bisa dipungkirin. Masyarakat hanya disibukkan dengan elektoral. Masyarakat nggak pernah diajarkan apa dalam konteks membangun demokrasi. Bagaimana sih membangun demokrasi, masyarakat cuma diajarin  pilih ini pilih itu harusnya diajarin bagaimana membangun demokrasi yang punya kualitas, yang sehat," ujarnya dengan nada kecewa.

"Jangan kita ngebebanin generasi berikutnya dengan hal-hal yang justru membuat dia terlihat jadi apatis, nah itu nggak bisa. Dan menurut gue kayak konteksnya, momentumnya pas untuk mengingatkan semua orang untuk bicara demokrasi, membangun demokrasi di Indonesia berdasarkan pancasila, keberagaman. Bhineka Tunggal Ika menjaga Indonesia itu harus, nggak bisa ditawar-tawar, yang menyatukan kita ya bendera merah putih," pungkas Glenn.

(kpl/rhm/gtr)


Reporter:  

Nuzulur Rakhmah

↑