Gogon Tolak Hukuman Lima Tahun Penjara

Editor KapanLagi.com | 02 April 2008, 15:28 WIB
Kapanlagi.com - Margono alias Gogon, komedian terdakwa atas kepemilikan shabu, menolak hukuman lima tahun penjara dalam duplik yang dibacakan dalam sidang di Pengadilan Negeri Tangerang, Rabu (2/4). Gogon menganggap hukuman lima tahun penjara sangat memberatkan mengingat dia sebagai seniman dengan status pengangguran. Menurutnya ini sama saja dengan membunuh anak dan istrinya karena dia harapan keluarga satu-satunya.

"Demi Allah dan Demi Rasulullah, kata-kata saya ini benar dan tidak ada rekayasa, hanya saja saksi sidang banyak yang berdusta. Apakah 5 tahun (hukuman penjara) pantas bagi saya yang menjadi korban dari emosi seseorang saja," ungkap Gogon.

"Saya pun tidak tahu kenapa saya dikenakan pasal 59, saya ini bukan pengedar, saya ini hanya penghibur masyarakat. Saya mohon untuk diringankan dan dibebaskan," kata Gogon lagi.

Dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Supriyono SH dengan JPU Fauzan SH, tim pengacara Gogon dengan juru bicara Herman Sitompul menyampaikan jawaban keberatan atas tuntutan tersebut, dengan alasan pada saat Gogon digerebek tanpa surat perintah, terdakwa di BAP tanpa didampingi pengacara, begitu juga pada saat tes urine, dan hukuman 5 tahun hanya bisa dikenakan pada pengedar.

"Jadi kesimpulan, tuntutan JPU tidak sesuai dan tidak terbukti. Untuk itu terdakwa dibebaskan dan mendapatkan pemulihan nama atas semula dan dibebaskan dari biaya peradilan," ujar Herman Sitompul.  (kpl/opa/tri)