Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Harap Dua Anaknya Lekas Ikhlaskan Kepergian Rina Gunawan, Teddy Syach: Supaya Nggak Berat

Tantri Dwi Rahmawati   | Senin, 08 Maret 2021 19:38 WIB
Harap Dua Anaknya Lekas Ikhlaskan Kepergian Rina Gunawan, Teddy Syach: Supaya Nggak Berat
Teddy Syach © KapanLagi.com/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Artis Rina Gunawan dikonfirmasi meninggal dunia pada Selasa pekan lalu (2/3/2021) di Rumah Sakit Pusat Pertamina, kawasan Simprug, Jakarta Selatan. Almarhumah mengembuskan napas terakhir setelah beberapa hari berjuang melawan virus corona.

Tidak hanya Teddy Syach sebagai suami yang terpukul atas kepergian Rina, dua anak mereka juga turut rasakan kehilangan besar. Bahkan Aqhsal Ilham selaku putra sulung sempat alami kejang ketika menyaksikan lewat handphone ibunya alami sakaratul maut.

1. Anak-Anak Kuat

Gambar

"Yang laki nggak kalah kehilangan sampai saya kaget dia kejang saat harus melepas Bundanya. Dia kan introvert, pendiam, ketika itu dia hampir nggak bisa menerima. Tapi alhamdulilah anak-anak kuat sampai sekarang," tutur Teddy ditemui di kediamannya, kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

2. Anak Kedua Sering Tidur Bareng Rina

Kehilangan besar juga dirasakan anak perempuan Teddy Syach dan Rina Gunawan yang bernama Karnisya Rahma. Karena selama sekian tahun Ibu dan anak tersebut tidur bersama serta banyak berbagi cerita.

"Yang cewek bisa dibilang hampir tiap hari tidur sama Bundanya. Karena bertahun-tahun bisa dibilang saya tidurnya sendiri. Saya nggak kuat dingin, almarhumah sama anak-anak saya kuat dingin. Jadi kalau malam habis ngobrol-ngobrol, tidurnya ya pisah. Dia (Rina) sama anak yang cewek karena mereka kan seneng ngobrol, mereka rame. Hubungan antara mendiang sama anak perempuan ya seperti itu. Dia tahu apa yang Bundanya lakukan, Bundanya suka apa. Kalau saya masuk kamar ya udah istirahat. Karena saya orangnya kaku," aku pesinetron berusia 46 tahun ini.

3. Belajar Mengikhlaskan

Beberapa hari setelah Rina Gunawan meninggal, Teddy Syach mengaku sudah ikhlas melepas sang istri. Ia juga meminta anaknya bersikap serupa karena akan kasihan jika nanti membebani langkah ibu mereka menuju ke alam setelah kematian.

"Saya secara pribadi sudah mengikhlaskan biar lebih ringan untuk saya dan anak-anak. Kalau anak-anak, mereka belum cerita apa-apa. Karena anak-anak hari demi hari terus belajar mengikhlaskan. Karena dengan secepatnya kita mengikhlaskan, supaya mendiang nggak ada digandolin, nggak berat gitu," tandas Teddy.

4. Ingat Pesan Ibu

Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Kehilangan dan duka bisa jadi tak hanya sedang dirasakan Teddy dan keluarga. Meski begitu, pastikan selalu #IngatPesanIbu. Rajin cuci tangan, selalu pakai masker, dan jaga jarak.

Reporter:   Adi Abbas Nugroho