Heboh Harga BBM Naik, Para Selebriti Ikutan Pusing?

Guntur Merdekawan   | Selasa, 18 November 2014 20:15 WIB
Heboh Harga BBM Naik, Para Selebriti Ikutan Pusing?
Image: KapanLagiĀ®

Kapanlagi.com - Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia dewasa ini. Tak usah jauh-jauh, kalian juga pastinya merasakan betapa pentingnya bahan bakar untuk kegiatan sehari-hari, entah itu travelling, berangkat ke kantor atau sekolah, pun sekedar jalan-jalan tanpa arah menggunakan kendaraan masing-masing.

Nah, dalam beberapa periode tahun terakhir, harga BBM terus naik secara bertahap. Yang terbaru, per hari ini, Selasa (18/11) harga kembali meroket. Bensin premium yang sebelumnya bisa kita dapatkan dengan 6500 rupiah per liter, kini naik jadi 8600 rupiah.

Jangankan kamu, kenaikan ini tentunya mengundang berbagai macam reaksi dari publik. Untuk mayoritas orang biasa, hal ini tentu mengundang sebuah keresahan yang menyesakkan hati maupun kantong. Nah, kenaikan BBM ini di mata para selebriti kira-kira gimana ya?

Beberapa nama selebriti sempat berhasil kita korek informasinya mengenai fenomena ini. Penasaran kan biaya BBM artis per bulan hingga dampak kenaikan ini pada hidup mereka? Yuk intip beberapa kutipan dari beberapa artis yang sempat kita wawancarai berikut.. (kpl/gtr)

1. Biaya BBM Bulanan

Selebriti adalah tokoh masyarakat yang sangat mobile dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Selain harus mondar-mandir ke lokasi syuting, mereka juga pastinya butuh penyegaran diri untuk berlibur bersama keluarga ataupun teman dekatnya.

Tata Liem mengakui jika kenaikan BBM di Indonesia ini sangatlah mengejutkan baginya. Meskipun begitu, pemeran dalam film SUSUK POCONG tersebut mengaku santai dan tak mau menyalahkan pemerintah atas kenaikan harga ini.

"Fenomenal BBM naik ini sangat sering sekali terjadi di indonesia. Karena aku nggak ngerti juga masalah perekonomian kita kenapa sering sekali naik BBM. Yah aku santai saja, hanya menurut aku secara logika saja, BBM memang harus naik. Kalau nggak ntar pemerintah kita makin repot lagi karena hutang kita makin nggak kebayar. Apalagi BBM naik ini bukan hal baru, awalnya saja masyarakat pada heboh dan komplain ntar juga akan reda karena memang BBM ini suatu kebutuhan sekali buat siapapun," jelas Tata saat ditemui beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan Tata yang enggan menyebutkan biaya BBM-nya per bulan, aktor tampan, Lucky Hakim terang-terangan menyebutkannya. Hal serupa juga dilakukan oleh si cantik Astri Nurdin, yang juga punya cukup banyak pengeluaran biaya BBM meskipun sudah tak aktif di dunia hiburan.

"Nggak tau pasti nya mas (biaya BBM), karena aku kan sudah 1.5 tahun nggak syuting. Mau istirahat panjang, palingan buat anter jemput anak sekolah aja sama lagi ada kesibukan mau buka klinik kecantikan," urai Astri.

"Biaya BBM per bulan sekitar 5 juta," jawab Lucky Hakim singkat. Kalau pengeluaran BBM kalian per bulan kira-kira berapa? :)

2. Gaji Naik?

Kenaikan BBM ini juga menyulut emosi publik yang meminta kompensasi berupa kenaikan UMR (Upah Minimum Regional) mereka. Normalnya, UMR maupun UMK akan ikut naik seiring dengan kenaikan harga BBM, namun apakah hal itu juga berlaku untuk para Selebriti?

Tata Liem mengaku jika honor yang ia dapatkan tak akan ada perubahan mengikuti kenaikan harga BBM ini. Beberapa nama lain juga mengaku jika hal itu tak berpengaruh banyak untuk bayaran mereka di dunia hiburan.

"Yang disesalkan gaji atau honor artis nggak mengikuti naiknya BBM ini karena artis kan sistemnya kontrak per tahun atau per judul. Nah itu ada jangka waktunya untuk minta naik honor. Yah jadi terima saja lah BBM naik," jawab Tata pasrah.

Andika The Titans juga punya komentar serupa. "Bayaran sih belum nambah, nggak tahu deh nanti mau dinaikin apa nggak fee manggungnya. Hahaha," pungkasnya seraya tertawa.

Apakah UMK dan UMR di akhir tahun 2014 ini akan naik juga ya nanti? Mari kita berdoa bersama-sama..

3. Gaji Staff Artis Naik?

Seorang artis pasti punya beberapa sosok pendukung di belakangnya yang tak banyak terekspos ke publik. Ambil saja contohnya, perias wajah pribadi, supir, asisten, pembantu, atau staff-staff lainnya.

Berbeda dengan beberapa selebriti yang kebanyakan mengaku honornya tak naik, staff di belakang layar mereka dipastikan bakal mendapat kompensasi berbeda. Hal itu diakui secara terang-terangan oleh Lucky, terutama untuk asisten dan pembantunya.

"Dampak kenaikan BBM subsidi tentunya akan dirasakan oleh sebagian besar rakyat dan termasuk para asisten kami. Saya pribadi menaikkan gaji asisten dan karyawan saya, termasuk pembantu sebesar 20% karena secara langsung pula bisa dilihat kenaikan harga BBM diikuti kenaikan harga-harga barang dan jasa," jelas Lucky.

Beda ceritanya dengan Astri yang kini tengah tak terlalu aktif di dunia hiburan. Ia mengaku tak punya banyak staff yang perlu digaji tiap bulannya. "Aku nggak pakai staff-staffan. Palingan driver aja. Nanti paling penyesuaian di biaya transport motornya pak driver," jawabnya.

4. Dampak Pada Artis

Naiknya harga BBM sedikit banyak pasti berpengaruh pada beberapa hal, contohnya ikut melonjaknya harga bahan pokok dan sejenisnya. Untuk para selebriti sendiri, dampak apa kira-kira yang mereka rasakan dan paling berpengaruh bagi kehidupan?

"Kalau dampaknya sih hanya sebentar, ntar juga seminggu lagi pasti sudah terbiasa. Yang penting masih dikasih kerjaan jadi bisa beli BBM nya. Kalau sudah nganggur yah siap-siap jual kendaraan deh hehehe," jawab Tata sambil tertawa.

Astri menanggapi kenaikan harga ini dengan lebih bijak. Ia memberikan beberapa tips supaya pengeluaran bisa tetap terjaga meskipun harga BBM terus melonjak.

"Dampaknya harus lebih wise pakai mobil. Kalau nggak penting-penting amat ya nggak usah pergi atau naik sepeda aja yuk. Minta pemerintah sediakan jalan untuk pengendara sepeda dan minta para pengendara mobil / motor untuk tidak ambil jalur sepeda," jawab salah satu pemeran dalam film MERAH PUTIH itu.

Ada juga beberapa selebriti yang memutuskan untuk berpindah hati dari Pertamina ke Pertamax. "Akibat kenaikan ini ada sebagian keluarga saya yang sudah memutuskan tuk beralih ke Pertamax dan Shell," jawab Lucky.

5. PIndah ke Pertamax?

Uniknya, kenaikan harga bensin Premium tak berpengaruh pada Pertamax yang tak ikut naik. Hal itu membuat banyak orang yang punya wacana tuk memakai Pertamax ketimbang Pertamina ke depannya. Apakah kenaikan ini bakal berpengaruh pada pemilihan para selebriti terhadap BBM?

"Aku sendiri dari dulu pakai Premium. Beda sama Bella Shofie, artisku yang punya 3 mobil mewah dan itu pakai Pertamax Plus semua, menjeritlah Bella Shofie sekarang hahaha," jawab Tata.

Berbeda dengan Tata Liem, beberapa selebriti lain ternyata lebih sering menggunakan Pertamax. Walhasil, kenaikan BBM ini diamini tak berpengaruh banyak buat mereka.

"Selama ini pakai Pertamax, jadi buat saya pribadi sih nggak terlalu berpengaruh harga Premium dan Solar naik apa nggak," jawab Andika The Titans.

Hal serupa diungkapkan oleh si presenter seksi, Yeyen Lidya. "Aku dari awal pake Pertamax jadi nggak terlalu berpengaruh," jawabnya.

Nah kalau buat kalian sendiri bagaimana? Nggak pengen berpindah hati pakai Pertamax? :)

Editor:   Guntur Merdekawan