Helmy Yahya Sangat Mengenal Komplek Jakabaring

Darmadi Sasongko | 11 November 2011, 16:42 WIB
Helmy Yahya Sangat Mengenal Komplek Jakabaring
Kapanlagi.com - Pembawa acara Helmy Yahya bangga dipercaya menjadi 'arsitek' upacara pembukaan SEA Games XXVI di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (11/11/2011).Helmy yang merupakan putra daerah Sumsel sangat bersyukur dapat terlibat langsung pada acara yang menyita perhatian publik Asia Tenggara dan dunia itu.

"Sebagai putra daerah Sumsel, saya sangat bangga sekali karena terlibat langsung pada pembukaan SEA Games. Semangat saya berlipat karena tidak hanya berbuat untuk bangsa dan negara tapi juga untuk daerah kelahiran sendiri, yakni Sumsel," ujar pria kelahiran Palembang, 6 Maret 1963 itu.

Helmy mengungkapkan, sangat mengenal area Komplek Olahraga Jakabaring karena menghabiskan masa kecil hingga dewasa di kawasan Seberang Ulu, Kota Palembang.

"Saya asli putra daerah Sumsel, dan dibesarkan di Kota Palembang atau tepatnya di daerah Seberang Ulu yang merupakan lokasi Jakabaring berada saat ini. Saya tidak pernah menyangka akhirnya bisa berdiri di kawasan Jakabaring yang menyelenggarakan acara pembukaan SEA Games," ujarnya.

Helmy sangat kagum atas pembangunan Komplek Olahraga Jakabaring oleh Pemerintah Sumsel, karena bertindak sebagai tuan rumah SEA Games XXVI, 11-22 November 2011.

"Saya benar-benar tidak menyangka Jakabaring akan berubah menjadi suatu komplek olahraga. Karena, saya tahu benar bahwa beberapa puluh tahun lalu, kawasan ini hanya rawa, bahkan disebut tempat jin buang anak," ujarnya.

Helmy Yahya merupakan penanggung jawab materi dari upacara pembukaan SEA Games. Selebritis yang digelari sebagai Raja Kuis Indonesia itu, merangkul lima koreografer nasional untuk menyajikan acara pembukaan yang spektakuler.

Show pertama adalah Journey Begin Heard Of The City yang digarap Hartati, kemudian Heritage yang digarap Alex Hassim, selanjutnya Dedi Puja dengan Tarian Merajut Nusantara, serta penutup Reach Out The Dream yang juga digarap Hartati.

"Pembukaan SEA Games kali ini bisa dipastikan akan menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, karena belum ada yang seperti ini. Kualitasnya tidak berbeda jauh dengan pembukaan Asian Games di Beijing," ujar dia.

Dia menuturkan, perhelatan digelar di atas lapangan sepak bola yang telah dilapisi kanvas elektrik.

"Pertunjukan akan dibuat secara spektakuler dengan layar LCD mencapai ratusan meter. Akan banyak kejutan dalam acara pembukaan nanti, seperti artis-artis yang ditampilkan hingga saat kaldron obor SEA Games dinyalakan," kata dia pula.  (antara/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko