Hotman Paris Mengaku Dapat Panggilan 'Gus Lora', Begini Penjelasan NU

Rezka Aulia | Selasa, 10 September 2019 21:05 WIB
Hotman Paris Mengaku Dapat Panggilan 'Gus Lora', Begini Penjelasan NU

Kapanlagi.com - Sosok pengacara kondang Hotman Paris kembali jadi perhatian. Kali ini lantaran ada nama tambahan di depan nama besarnya. Belum lama ini beberapa pihak menyebutnya dengan 'Gus Lora Hotman Paris'. 

Sebutan 'Gus' sendiri di Indonesia lekat dengan tokoh-tokoh agama Islam. Lantas apakah Hotman memang menjalin hubungan dekat dengan para tokoh Islam?

"Kyai NU itu kalau bicara suka banyak canda canda. Ketika ada yang datang selebritis gitu ya, panggil saja Gus gjtu. Bukan 'Gus' anak kyai, bisa aja maksudnya 'Cah Bagus' (anak laki-laki ganteng/baik). Kan itu panggilan baik kan, siapa saja bisa," ujar Abdul Manan Gani selaku Ketua PBNU saat ditemui di kawasan Senen, Jakarta Pusat pada Selasa (10/9/2019).

1 dari 3 halaman

1. Makna 'Gus Lora'

Makna 'Gus Lora' © KapanLagi.com/Budy Santoso
Lebih lanjut Abdul Manan menjelaskan sebutan 'Gus Lora' sendiri datang dari Bahasa Madura. Istilah ini bisa disamakan dengan 'Gus' dari kawasan Jawa Timur atau 'Kang' dari Cirebon. Panggilan 'Gus' sendiri diakui hanya sebuah tradisi semata.

"Itu panggilan saja, biasa. Bukan gelar yang gimana gimana. Panggilan bagus aja gitu," lanjut Ketua PBNU.

2 dari 3 halaman

2. Konteks Sapaan untuk Hotman

Istilah Gus memang identik dengan anak Kyai atau bisa diterapkan untuk tokoh agama yang relatif muda. Namun sekali lagi Ketua PBNU menegaskan Hotman dipanggil 'Gus' bukan karena pengacara itu disejajarkan dengan tokoh agama Islam.

"Balik lagi ini konteksnya guyon (bercanda). Ada selebritis dipanggil 'Gus', jangan ditanggpi serius. Tapi jangan disalahgunakan juga," lanjut Abdul Manan dengan bijak.

3 dari 3 halaman

3. Tak Ada Hubungan dengan NU

Tak Ada Hubungan dengan NU © KapanLagi.com/Budy Santoso
Ketua PBNU menjelaskan bahwa awal mula Hotman Paris Hutapea dipanggil 'Gus' karena hal simple. Tak ada afiliasi tertentu antara Hotman dan Nahdlatul Ulama.

"Enggak ada. Mungkin kebetulan Hotman sedang hadir saja trus ada guyonan dipanggil Gus gitu ya," pungkasnya.

 

(kpl/aal/rna)


Reporter:  

Sahal Fadhli

↑