Ibu Meninggal Saat Tidur dan Tidak Sakit, Nirina Zubir Ikhlas

Rahmi Safitri | Selasa, 12 November 2019 16:30 WIB
Ibu Meninggal Saat Tidur dan Tidak Sakit, Nirina Zubir Ikhlas

Kapanlagi.com - Aktris dan presenter Nirina Zubir sedang merasakan mendalam. Ibundanya, Martini, meninggal dunia dalam usia 69 tahun. Almarhumah diketahui pergi selamanya saat sedang tertidur serta meninggalkan lima anak dan delapan cucu.

Nirina Zubir dan suaminya, Ernest, di rumah duka, Srengseng, Jakarta Barat, Selasa (12/11/2019) memberikan penjelasan serta perasaan mereka ditinggalkan selamanya oleh almarhumah. Di balik rasa dukanya, Nirina menyimpan sedikit rasa syukur. Ia lalu menceritakan kronologi bagaimana Nirina tahu kalau sang ibu sudah tiada.

"Pokoknya saya bersyukur nya mama perginya di rumah saya, dengan kondisi tidak sakit. Setidaknya perginya tadi malam tuh tidur, adik saya pulang jam 7. Masih sempat absen sama ibu saya, 'Udah pulang ya, Ma', terus mama tidur lagi. Pagi saya bangun, mau persiapan mau ada kerjaan. Tiba-tiba adik saya bilang, 'Bantuin bangunin mama yuk, posisinya masih sama dari malem'. 'Masa sih, Dik?'. Akhirnya saya ke dalam. Pas saya cek, memang udah dingin dan kaku. Sempet kaget karena nggak tahu mesti apa dan gimana. Lebih ke, 'Apa ya? Mau ngapain ya? Langkah pertama apa ya? Urusin pemandian atau makam atau apa?'. Alhamdulillah dibantuin tetangga dan keluarga," cerita Nirina.

1 dari 3 halaman

1. Sempat Panggil Dokter Buat Memutuskan

Di tengah kebingungan itu, Nirina pun tak sempat membawa ibunya yang sudah kaku. Ia tak berpikir begitu karena sang ibu memang tidak sedang dalam kondisi sakit. Terakhir sakit pun lima tahu lalu saat kena stroke dan sebelum meninggal terlihat sehat.

"Kebetulan tetangga saya dokter. Saya panggil suruh cek-in, udah gak ada apa enggak. Dia dateng dan meyakinkan kalau udah enggak ada. Kalau dirunut meninggalnya dalam tidur. Paginya dalam kondisi mau dibangunkan tapi udah enggak ada," jelas Nirina.

2 dari 3 halaman

2. Dimakamkan Menunggu Kakak Nirina

Dimakamkan Menunggu Kakak Nirina Nirina Zubir © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Jenazah Ibu Martini tidak langsung dimakamkan setelah dimandikan karena menunggu keluarga lainnya. Mendiang akan dimakamkan di Tanah Kusir bersama dengan ibunya. 

"Ini belum dikebumikan. Kakak saya dari Malang baru datang. Kakak saya ketiga otw dari Bali. Insya Allah begitu udah sampai, disalatkan dan baru dikuburin," kata Nirina.

3 dari 3 halaman

3. Tidak Ada Firasat

Karena mendiang sama sekali tidak sakit sebelum meninggal, Nirina pun mengaku tidak ada firasat ibunya akan pergi. Hanya saja, bapaknya yang beberapa hari ini kangen dengan mendiang.

"Mama lagi seneng jalan-jalan. Minggu ini baru pulang dari luar kota. Bapak saya udah nanyain mulu, 'Mama di mana? Papa mau ketemu'. Lagi seneng abis pulang jalan-jalan, sehat, kalau saya juga enggak ada firasat. Saya lega dan ikhlas karena perginya di rumah saya. Saya sempat mandiin, gak pernah nyangka kebon belakang buat mandiin ibu saya. Mungkin semua yang terbaik," pungkas Nirina sambil menangis dan berterima kasih kepada semua orang yang datang.

(kpl/far/pit)


Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi

↑