Ida Royani, Semakin Kreatif Karena Dijiplak

Darmadi Sasongko | 01 Oktober 2009, 07:05 WIB
Ida Royani, Semakin Kreatif Karena Dijiplak

Kapanlagi.com - Artis senior Ida Royani mengaku sudah kenyang dengan praktek jiplak-menjiplak di Indonesia, termasuk penjiplakan terhadap hasil rancangan busana muslim karyanya, yang nyatanya justru membuat dia makin kreatif.

"Sebenarnya capai juga, saya bikin yang ini dijiplak, bikin itu dijiplak juga," kata penyanyi kelahiran 24 Maret 1953 itu di Jakarta, Rabu (30/9).

Meski begitu, dirinya berusaha untuk selalu berpikir positif terhadap kasus-kasus penjiplakan yang dialaminya selama ini. Dengan semakin ditiru karya-karya rancangannya, justru mendorongnya semakin kreatif.

Ida mengaku selalu tertantang untuk menemukan sesuatu yang baru dari bisnis merancang busana muslim yang sudah ditekuninya sejak akhir 1970-an itu.

"Saya juga tidak pernah mengurus hak paten karena bagi saya itu terlalu ribet," kata pasangan duet Benyamin S dalam banyak lagu.

Ida yang belakangan memilih untuk menekuni tenun sebagai bahan dasar rancangannya, mengatakan, jiplak juga bernilai positif bagi bisnisnya.

"Dengan begitu semakin banyak orang yang bikin busana muslim karena sejak 1980-an saya sudah memimpikan Jakarta menjadi pusat mode busana muslim dunia," katanya.  (kpl/dar)

Editor:   Darmadi Sasongko