Ida Royani Semangat Jadikan Indonesia Kiblat Busana Muslim

Yunita Rachmawati | 10 September 2009, 13:42 WIB
Ida Royani Semangat Jadikan Indonesia Kiblat Busana Muslim

Kapanlagi.com - Walaupun tak seeksis dulu di dunia hiburan, Ida Royani masih punya cara lain untuk mencetak prestasi. Salah satunya yang berhubungan dengan fashion. Aktris senior ini boleh berbangga lantaran mimpinya untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat busana muslim dunia hampir tercapai.

"Menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion busana muslim dunia itu impian saya sejak tahun 1980-an," kata penyanyi kelahiran 24 Maret 1953 itu saat ditemui di Jakarta, Kamis (10/9).

Ia mengatakan, melihat kondisi saat ini di mana sudah demikian banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan busana muslim dalam kehidupan sehari-hari menjadi indikator impiannya hampir tercapai.

Meskipun belum 100%, kata Ida, impian itu hampir terpenuhi 75%. "Ternyata yang saya obsesikan sejak dulu sudah hampir 75% tercapai, di mana sudah semakin banyak orang Indonesia berbusana muslim," katanya.

Pasangan duet Benyamin S dalam sejumlah album lagu itu itu mengatakan, dirinya sudah sejak akhir 1970-an merancang mode busana muslim. Ia bahkan pernah menggelar pergelaran busana di beberapa negara seperti Rusia dan Pakistan. Perusahaan mode ternama asal Malaysia juga pernah menawarkan kerja sama untuk mengembangkan rancangan mode busana muslim.

"Tapi saya selalu menolak karena saya ingin Jakarta-lah yang menjadi kiblat fashion Muslim," katanya.

Pada awal 1980-an, Ida Royani adalah satu-satunya perancang mode yang menjajakan produk rancangannya di pusat perbelanjaan pelat merah di kawasan Jl MH Thamrin, Jakarta. "Sekarang produsen busana Muslim sudah ribuan jumlahnya," tukas Ida yang setahun belakangan ini menekuni tenun sebagai bahan dasar rancangannya.   (kpl/boo)

Editor:   Yunita Rachmawati