Idap Kanker Ganas Stadium 4C, Nurul Qomar Tak Mau Berpikir Soal Kematian

Selasa, 05 Oktober 2021 08:18 WIB
Idap Kanker Ganas Stadium 4C, Nurul Qomar Tak Mau Berpikir Soal Kematian
Qomar kanker stadium 4C © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Pelawak Nurul Qomar menyadari kanker ganas usus besar stadium 4C yang dideritanya, merupakan salah satu penyakit yang sudah banyak merenggut nyawa. Namun begitu, sebagai manusia, dirinya harus tetap berusaha mengobati penyakit yang dideritanya.

"Kanker ganas stadium 4C ancamannya umur pendek, biasanya banyak yang lewat (meninggal). Cuma yang saya bangun adalah sebagai manusia harus berusaha, baik secara medis maupun herbal. Nanti ketuk palunya Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Qomar saat dihubungi Kapanlagi.com, Senin (4/10/2021).

"Saya sangat percaya kuasa Tuhan. Yang penting kita usaha maksimal. Nanti kalau sudah usaha dengan maksimal semoga saja panjang umur," imbuhnya.

1. Tak Mau Pikirkan Kematian

Dalam upaya melawan kanker yang dideritanya, selain berusaha menangani secara medis, Qomar juga terus menjaga kesehatan mentalnya dengan membangun pola pikir yang sehat.

"Saya nggak berpikir masalah kematian walaupun secara medis kanker ganas stadium 4C itu ancamannya pendek umur. Saya imbangi dengan bangun mindset yang sehat kalau nggak gitu bakal terpuruk dengan keadaan," tuturnya.

Selain itu, dalam melawan kanker yang dideritanya juga, pria yang pernah menjabat sebagai rektor dan mantan anggota DPR ini, terus membangun mimpi yang akan direalisasikannya.

"Kedua terus membangun mimpi kita ke depan itu yang memacu secara psikologis dan meningkatkan imunitas dan mimpi yang kita bangun itu kita realisasikan ke depan dengan paradigma berpikir futuristik tidak berpikir 3 -5 tahun tapi 20 sampai 30 tahun ke depan," tuturnya.

2. Rutin Jalani Kemoterapi

Seperti diketahui, pria kelahiran 11 Maret 1960 ini menjalani serangkaian tindakan medis untuk mengobati penyakitnya. Salah satunya adalah dengan menjalani operasi besar pada September 2021 lalu.

"Saya kena kanker ganas stadium 4C di usus besar dan kecil. Bulan September operasi besar sekitar 3 mingguan saya di Rumah Sakit," kata Qomar.

Usai menjalani operasi, kini personel grup lawak Empat Sekawan ini masih harus berjuang melawan kanker dengan menjalani kemoterapi.

"Sekarang sedang pengobatan kemoterapi untuk membunuh sel kanker ganas selama enam bulan ke depan," ungkapnya.

Menurut pria yang pernah menjabat sebagai rektor dan mantan anggota DPR ini, kemoterapi harus dijalaninya dua minggu sekali selama enam bulan. Saat ini dirinya baru melakukan kemoterapi pertama. Semoga lekas sembuh untuk Qomar.