Iko Uwais dan Joe Taslim, Aktor Kebanggaan Tanah Air yang Berhasil Menembus Pasar Hollywood

Dhimas Wahyu Nugroho   | Jum'at, 06 Agustus 2021 21:40 WIB
Iko Uwais dan Joe Taslim, Aktor Kebanggaan Tanah Air yang Berhasil Menembus Pasar Hollywood
Iko Uwais - Joe Taslim ©istimewa

Kapanlagi.com - Iko Uwais dan Joe Taslim mampu membuktikan bahwa aktor-aktor Tanah Air bisa bersaing dengan bintang-bintang film internasional, terutama di Hollywood. Mereka bahkan bermain di beberapa film garapan dari rumah produksi besar, seperti Warner Bros, Universal, dan juga Paramount Pictures.

Dan menariknya, Iko dan Joe bisa menembus pasar film internasional karena akting mereka berdua yang memukai di film laga. Ya, keduanya tergabung dalam film THE RAID yang tayang pada 2011 silam.

Di film tersebut, baik Iko Uwais maupun Joe Taslim menunjukkan bahwa mereka bisa akting dengan sangat natural di film yang penuh gerakan serta koreografi yang sulit. Alhasil, dunai film internasional pun melirik mereka berdua.

Nah, berikut ini beberapa informasi menarik seputar kehidupan Iko Uwais dan Joe Taslim.

1. Awal Karier

Sosok Iko Uwais ditemukan oleh sutradara Gareth Evans. Ya, kala itu Gareth yang membuat film dokumenter tentang silat di sekolah Iko langsung tertarik ketika melihat Iko untuk pertama kalinya.

Dan benar saja, di tahun 2007, Iko memulai debutnya sebagai aktor film dan langsung menjadi pemeran utama di film MERANTAU. Film itu pun sukses besar karena mampu membawa gebrakan di genre film laga, dan sangat sukses di mancanegara. 

Berbeda dengan Iko Uwais, Joe Taslim memulai kariernya sebagai aktor justru bukan di film laga. Tahun 2008, Joe Taslim bermain di film KARMA dan beradu peran dengan Dominique Diyose. Pun begitu dengan film keduanya yang bergenre drama.

Baru di tahun 2011, Joe Taslim berhasil memukau para penggemar film lewat aksinya sebagai Jaka di film laga perdananya yang tak lain adalah THE RAID bersama Iko Uwais, Yayan Ruhiyan, dan Donny Alamnsyah. Sejak itu namanya pun terus melejit.

2. Ilmu Bela Diri

Iko mulai menekuni bela diri sejak usia 10 tahun. Saat itu, ia tergabung dalam Tiga Berantai, perguruan silat asuhan pamannya sendiri yang beraliran silat Betawi. Ketekunan Iko pun membawanya mendapat banyak juara, salah satunya menjadi pesilat terbaik dalam kategori demonstrasi pada Kejuaraan Silat Nasional.

Dan ilmu bela diri inilah yang ia terapkan di semua film yang ia mainkan, baik film dalam negeri maupun di film internasional. Tak hanya itu pula, seni bertarung Iko pun sangat membuat kagum banyak orang.

Sama dengan Iko Uwais, Joe Taslim juga sudah memulai bela diri sejak masih kecil. Ia menguasai wushu, judo, taekwondo, dan juga pencak silat. Jadi, gak salah kalau Joe punya banyak variasi dalam gerakan bela dirinya.

Di sisi lain, Joe ternyata lebih menyukai judo dan karena keputusannya inilah yang membuatnya menjadi atlet judo nasional. Ia pernah menjadi peraih medali emas di Kejuaraan Judo Asia Tenggar tahun 1999 dan peraih medali perak di SEA Games 2007. Namun, ia memutuskan pensiun setelah mengalami cidera.

3. Main di Hollywood

Film THE RAID akhirnya membawa Iko Uwais menuju ke Hollywood. Tak tanggung-tanggung, ia pun langsung beradu dengan Keanu Reeves di film Hollywood perdananya, yakni MAN OF TAI CHI. Meskipun perannya minor, nyatanya Iko Uwais berhasi membawakan karakter tersebut dengan sangat apik. Dan dari sinilah, karier internasioanalnya berlanjut.

Setelah itu, mulai mendapatkan peran yang signifikan, salah satunya di film MILE 22 bersama Mark Walhberg, dan juga bersama Dave Bautista di film STUBER. Terakhir, Iko Uwais juga baru saja bermain di waralaba G.I. JOE, SNAKE EYE pada 2020 lalu.

Sama dengan Iko Uwais, Joe Taslim juga memulai debut internasionalnya tak lama setelah THE RAID. Tak main-main, Joe langsung mendapatkan peran di film Box Office FAST & FURIOUS Saga di FAST & FURIOUS 6. Ia memerankan Jah yang merupakan anak buah dari Owen Shaw yang diperankan oleh Luke Evans. Di situ, Joe juga beradu peran dengan bintang-bintang besar seperti, Paul Walker, Vin Diesel, Dwayne Johnson, dan banyak lagi.

Joe Taslim kembali membuat takjub publik Indonesia dengan bermain di film Hollywood-nya yang kedua. Lagi-lagi, ia beradu peran dengan nama-nama besar seperti, Chris Pyne, Zoe Saldana, Idris Elb, dan Simon Pegg di STARTREK BEYOND. Dan Terakhir, Joe kambali membuat kagum dengan menjadi karakter utama di film MORTAL KOMBAT dengan memerankan Sub Zero.

4. Penghargaan

Selama berkarier di dunia perfilman, Iko Uwais sudah beberapa kali masuk nominasi penghargaan dan juga beberapa kali memenangkan penghargaan. Tahun 2010 lalu, ia masuk ke dalam nominasi Aktor Pendatang Baru di Indonesian Movie Awards 2010.

Tahun 2014, Iko Uwais berhasil menyabet dua pengharagaan sebagai Aktor Terbaik di ajang Republika Awards, Indonesian Celebrity of World Achievement di Infotainment Awards. Dan di tahun 2016, ia juga menyabet penghargaan sebagai Aktor Terbaik di Jawapos Group Awards.

Jika Iko Uwais memenangkan tiga penghargaan, Joe berhasil memenangkan empat penghargaan. Tahun 2014, ia berhasil menyabet juara di kategori Best Actor di Indonesian Movie Actors Awards.

Selain penghargaan dalam negeri, Joe Taslim juga mendapatkan penghargaan dari Korea Selatan di ajang APAN Star Awards tahun 2016 lalu. Joe Taslim berhasil meraih penghargaan sebagai Best APAN Star Awards.

5. Kehidupan Pribadi

Kehidupan pribadi Iko Uwais memang lebih tersorot publik. Bukan tanpa alasan, Iko menikahi seorang penyanyi yang sudah namanya saat itu sedang tenar. Ya, Iko menikah dengan Audy Item di tahun 2012.

Dari pernikahannya, Iko dan Audy dikaruniai 2 buah hati, yakni Atreya Syahla Putri Uwais dan Aneska Layla Putri Uwais. Berumah tangga selama 9 tahun, Iko dan Audy pun jauh dari berita tak sedap, mereka tetap harmonis.

Berbeda dengan Iko, rumah tangga Joe Taslim lebih tertutup. Sang istri yang bernama Julia bukan berasal dari kalangan selebritis. Namun, sejak nama Joe Taslim tenar, sosok Julia pun mulai banyak dicari publik.

Dari pernikahannya dengan Julia, Joe Taslim dikaruniai tiga buah hati, yakni, Mikaveli Taslim, Kaara Ovelia Taslim, dan Hiero Joe Taslim. Dan dari ketiga anaknya, putri bungsunya pun sukses mencuri perhatian karena parasnya yang menawan.

Nah, KLovers, menurut kalian, siapa nih yang paling keren di antara Iko Uwais dan Joe Taslim? Jangan lupa vote ya!

Editor:   Dhimas Wahyu Nugroho