Infografis: Mengenal Joey Alexander, Pianis Muda Yang Pukau Dunia

Natanael Sepaya | 17 Februari 2016, 12:15 WIB
Infografis: Mengenal Joey Alexander, Pianis Muda Yang Pukau Dunia

Kapanlagi.com - Sejak pertengahan tahun kemarin, dunia musik Internasional dihebohkan dengan hadirnya seorang pianis muda asal Bali, Indonesia, Joey Alexander. Selain karena usianya yang masih muda, Joey juga sudah mendapat banyak pengakuan dari musisi ternama dunia.

Bagaimana tidak, salah satu musisi jazz dunia seperti Herbie Hancock pun sampai mengakui talenta yang dimiliki oleh Joey Alexander. Belum cukup, album debutnya bahkan sempat jadi nomor 1 di Amazon Best Sellers dan melampaui Adele. Nggak berlebihan rasanya kalau kita menyebut Joey sebagai pianis muda yang fantastis.

Tapi sebelum membahas sepak terjang Joey di dunia musik Internasional, ada beberapa hal menarik seputar Joey Alexander. Lahir dengan nama Josiah Alexander Sila pada 25 Juni 2003 silam, siapa yang sangka kalau Joey adalah keponakan dari salah satu lady rocker Tanah Air, Nafa Urbach.

Joey Alexander berhasil membuat dunia terpukau dengan talenta emasnya © joeyalexandermusic.comJoey Alexander berhasil membuat dunia terpukau dengan talenta emasnya © joeyalexandermusic.com

Yap, semua talenta itu kemudian ia tunjukkan ke depan publik pada umur 8 tahun. Mengenal Indra Lesmana, ia kemudian melanglang buana dari satu gigs, ke gigs jazz lainnya. Joey juga kemudian tampil bersama Barry Likumahuwa dan Sandy Winarta di sejumlah event jazz bergengsi dengan nama Joey Alexander Trio sebelum akhirnya pianis belia ini berangkat ke luar Negeri.

Well, keputusan Joey untuk pindah ke New York di tahun 2014 memang tidak sia-sia. Jalannya di dunia musik semakin terbuka saat label Motema Music merangkul Joey dan merilis album debutnya yang berjudul MY FAVORITE THINGS.

Pada tahun 2015, Joey Alexander muncul di halaman depan New York Times. Inilah titik yang membuat Joey semakin dikenal publik Internasional sebagai pianis jazz muda yang pernah bermain di event kelas dunia seperti Newport Jazz Festival.

Berhasil memukau dunia, ini dia serba-serbi Joey Alexander yang kamu wajib tahu © KapanLagi.comBerhasil memukau dunia, ini dia serba-serbi Joey Alexander yang kamu wajib tahu © KapanLagi.com

Akhirnya tidak butuh waktu lama bagi Joey untuk kemudian namanya masuk dalam daftar nominasi Grammy Awards untuk kategori Best Improvised Jazz Solo serta Best Jazz Instrumental Album. Kemudian di tahun yang sama, album debut Joey juga resmi menyandang status Best of 2015 Jazz Albums di iTunes.

Yang terakhir dan paling baru, Joey tampil 2 kali di panggung Grammy Awards 2016 kemarin. Tanpa banyak bicara, Joey sukses mendapat standing ovation dari para penonton Grammy Awards atas penampilannya yang memukau itu.

Oke deh, kita juga salut dan bangga banget dengan talenta emas Joey Alexander. Tapi sayangnya ada satu pertanyaan untuk kamu nih KLovers, sudah punya dan mendengarkan album debut Joey Alexander belum?

(kpl/ntn)

Editor:   Natanael Sepaya