Ingat Kentung 'TUYUL & MBAK YUL'? Hidupnya Miris & Mengenaskan

Risang Sudrajad | 29 Juni 2015, 14:16 WIB
Ingat Kentung 'TUYUL & MBAK YUL'? Hidupnya Miris & Mengenaskan
Kapanlagi.com - Masih ingat dengan sinetron TUYUL dan MBAK YUL yang sangat populer di era tahun 90an? Saat itu, aksi Ony Syahrial hingga Dominique Sanda selalu dinantikan oleh para penggemarnya setiap hari.

Satu tokoh yang pastinya masih diingat betul dari sinetron TUYUL dan MBAK YUL adalah Kentung. Karakter jin tambun tersebut diperankan oleh Bambang Triyono. Lama tak muncul di layar kaca, bagaimana kabarnya sekarang?

Sungguh mengenaskan. Bambang Triyono alias Kentung sudah bukan lagi artis top. Jangankan uang, sosoknya pun kini sudah tak lagi dikenal. Aktor yang dilahirkan di Yogyakarta ini lebih banyak menghabiskan hidupnya di sebuah rumah kost sempit di daerah Sleman, Yogyakarta.

Keberadaan Bambang Triyono sendiri diungkapkan oleh seorang pegawai Dinas Sosial DIY, Feriawan Agung Nugroho. Berdasarkan pengakuannya, keadaan pelawak yang juga pernah masuk grup Srimulat ini sangatlah miris dan memprihatinkan.

Bambang Triyono 'Kentung' @foto: Facebook/Feriawan Agung NugrohoBambang Triyono 'Kentung' @foto: Facebook/Feriawan Agung Nugroho

"Kalau dari sisi wajah dia ceria, cerah-ceria. Tapi dia tidak bisa berdiri dari tempat tidur penuh. Kamar tidurnya satu kost-kostan yang baunya, nyuwun sewu (permisi), agak pesing-pesing gitu. Kemudian juga kondisinya tidak terlalu bagus," ujar Feriawan Agung Nugroho saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (29/6).

"Istilahnya ya serba kekurangan, serba memprihatinkan. Saya kaget itu. Ini bener Kentung atau bukan. Apakah ini jangan-jangan KW (palsu) atau cuma mirip. Tapi ternyata memang dia," tambahnya.

Bukan hanya itu saja, kondisi kesehatan Bambang Triyono juga sangat memprihatinkan. Menurut Feri, Bambang sudah menderita stroke sejak tahun 2010 lalu. Penyakit ini pula yang membuat kakinya lumpuh. Bahkan untuk berjalan pun, Bambang sudah tak mampu dan harus menggelundungkan badannya.

Kondisi memprihatinkan ini sungguh dialami Bambang Triyono sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di bulan Februari 2015 lalu. Si jin tambun ini dimakamkan di daerah Bantul, Yogyakarta. 

(kpl/adb/abl)

Reporter:  

Adhib Mujaddid