Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Ini Alasan Gaga Muhammad Ajukan Kasasi ke Mahkamah Agung

Selasa, 17 Mei 2022 16:15 WIB
Ini Alasan Gaga Muhammad Ajukan Kasasi ke Mahkamah Agung
Gaga Muhammad ©KapanLagi.com/Deki Prayoga

Kapanlagi.com - Selebgram Gaung Sabda Muhammad atau lebih dikenal Gaga Muhammad melalui kuasa hukumnya, Fahmi Bachmid mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung melalui Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (17/5). Ini dilakukan karena banding yang diajukan Gaga ditolak Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta.

Fahmi Bachmid menjelaskan, alasan kliennya mengajukan kasasi. Menurutnya, ada beberapa hal yang menjadi kesalahpahaman terkait putusan Majelis Hakim memvonis Gaga Muhammad. Perlu diketahui, Gaga Muhammad divonis 4,5 tahun penjara atas kasus kecelakaan lalu lintas.

"Karena ada beberapa hal yang masih menjadi salah pemahaman akibat kejadian. Bahwa kejadian ini kelalaian tapi dikemas sedemikian rupa, seperti sebuah perbuatan kesengajaan untuk melakukan kecelakaan, untuk membuat seseorang celaka," kata Fahmi Bachmid di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (17/5).

1. Tidak Ada Unsur Kesengajaan

Gambar

Menurut Fahmi, tidak ada indikasi kesengajaan yang dilakukan Gaga Muhammad hingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas terjadi. Hal tersebut menjadi alasan pihak Gaga Muhammad mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung, setelah bandingnya ditolak oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

"Ini sangat serius, karena kelalaian adalah ketidaksengajaan dan itu adalah bukan dari keinginan seseorang mencelakai dirinya, dan mencelakai orang lain. Ini kita luruskan, kalau pemahaman ini tetap dijadikan dasar semua orang kecelakaan bermasalah. Padahal semua tidak ingin mencelakakan dirinya atau orang lain, karena itu adalah sebuah musibah yang menimpa," kata Fahmi Bachmid.

2. Inginkan Keadilan

Selain itu, kasasi juga menjadi langkah hukum terakhir dari Gaga Muhammad untuk mendapat keadilan.

"Manakala seorang terdakwa keberatan atas adanya putusan dia bisa banding, setelah itu ada upaya hukum pada tingkat terakhir atau ke Mahkamah Agung, itu adalah puncak daripada proses peradilan proses seseorang mencari keadilan," tutup Fahmi.

3. Divonis 4,5 Tahun

Seperti diberitakan sebelumnya, Majelis Hakim PN Jakarta Timur menjatuhkan vonis 4,5 tahun penjara dan denda Rp 10 juta terhadap Gaga Muhammad. Sebab, Gaga Muhammad dinyatakan terbukti bersalah dan lalai dalam mengemudi.

Namun, pihak Gaga Muhammad langsung mengajukan banding dengan memori setebal 44 halaman. Tak hanya itu, Ibunda Gaga Muhammad juga menyertakan bukti transfer uang kepada keluarga Laura Anna. Diketahui, kasus ini berawal dari laporan Laura Anna atas kecelakaan yang dialaminya bersama Gaga Muhammad pada 8 Desember 2019 silam.