Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Ini Cara Ruri Repvblik Bantu Masyarakat yang Terdampak Pandemi

Helmi Romadhon   | Selasa, 07 September 2021 19:47 WIB
Ini Cara Ruri Repvblik Bantu Masyarakat yang Terdampak Pandemi
Ruri Repvblik © Istimewa

Kapanlagi.com - Tak dapat dipungkiri lagi bahwa pandemi yang belum berkesudahan ini sangat berdampak bagi masyarakat. Mulai dari mental hingga yang paling terasa adalah masalah finansial. Hal ini pun menggerakkan hati Ruri Repvblik untuk membantu dengan tindakan nyata.

Bukan hanya sekedar memberikan bantuan berupa uang tunai, namun Ruri memilih untuk membangun kemitraan produk minuman es permen karet yang jadi viral. Ide ini sendiri muncul ketika Ruri melihat potensi yang besar dari 3 outlet miliknya yang omzet-nya bisa tembus Rp 140 juta.

"Dulu pengen jualan sendiri aja, dan buka beberapa outlet di 3 lokasi. Yang pertama di daerah Sirojulmunir, yang kedua di Cibeurem dan yang ketiga di Sindangbarang sebagai head office. Ternyata dengan banyaknya permintaan, kita coba melakukan test pasar, berapa orang sih yang tertarik dengan es permen karet Ruri ini. Beberapa orang ingin bermitra dan ternyata responnya sangat baik, sudah 1700 orang yang mengajukan kemitraan di seluruh Indonesia," ungkap Ruri saat ditemui di Kantor Pusat Es Permen Karet Ruri di Bogor.

"Es permen karet uda banyak cuma Es Permen Karet Ruri ini beda dengan yang lain. Yang pasti bedanya dari segi formula kita yang buat dan racik sendiri. Gw jamin ini kualitasnya baik dan aman untuk diminum. Gw bikin sesuatu yang diminati banyak org dengan harga yang murah tapi berkualitas," lanjutnya.

1. Bantu Buka Lapangan Pekerjaan

Gambar

Selain itu, Ruri juga tidak mematok harga yang tinggi untuk kemitraan ini. Jika biasanya harga kemitraan dapat mencapai Rp 75 juta, Ruri dan tim mematok biaya rendah, yakni mulai Rp 12,5 juta. Terdapat 3 paket yaitu kontainer, kios, dan paket ruko.

"Itu juga yang akhirnya bikin kita ubah konsepnya. Kita ingin membantu orang lain, ingin bantu teman teman juga di luar sana yang nggak punya penghasilan kita buka lapangan pekerjaan untuk outlet-outlet kita di manapun berada. Yang pengangguran kita tarik untuk kerja di es permen karet Ruri. Juga buat memberikan peluang usaha untuk orang orang yang benar-benar terdampak," lanjutnya.

2. Terus Memonitor

Gambar

Ruri dan timnya akan membangun dan terus berbenah agar sistem kemitraan ini dapat berjalan dengan semakin baik. Namun Ruri dan tim akan terus memonitor, edukasi, dan promosi agar usaha partner mereka dapat berjalan dengan baik.

"Kita menyesuaikan keuangan calon calon mitra. Fokus kita nggak cuma berjualan dan membuka cabang yang banyak, tapi untuk membantu UMKM yang mau membuka usaha dengan modal terbatas. Mereka bisa berjualan dengan sistem termonitor dari kita, gak kita lepas begitu aja," ungkap Willy, Willy GM Es Permen Karet Ruri.

Editor:   Helmi Romadhon