Ini Pesan Terakhir BJ Habibie Untuk Melanie Subono

Ayu Srikhandi | Kamis, 12 September 2019 06:15 WIB
Ini Pesan Terakhir BJ Habibie Untuk Melanie Subono

Kapanlagi.com - Melanie Subono yang merupakan cucu keponakan dari BJ Habibie mengungkap apa pesan terakhir sang Eyang untuknya. Seperti yang diketahui, wanita kelahiran Jerman tersebut memang bersama keluarga menemani momen terakhir Habibie.

"Eyang pergi dengan tenang, keluarga lengkap ada di situ, diiringi dengan doa," ungkap Melanie Subono di rumah duka BJ Habibie, Jl Patra Kuningan XIII No 1, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

1 dari 2 halaman

1. Pesan Terakhir

Pesan Terakhir Melanie Subono © KapanLagi.com/ Akbar Prabowo Triyuwono
Diakui oleh Melanie Subono kalau Habibie memang sebelumnya pernah berpesan untuknya untuk tidak berhenti berjuang. Presiden ke-3 Republik Indonesia itu memilih menggunakan sebutan 'Pemberontak' untuk menyebut 'Pejuang'.

"Sempat gue ketemu terakhir pas beliau belum di sodasi dan itu eyang masih bangun. Di situ eyang, pulang dari keluar kota dan dipanggil lagi sama eyang, 'Melanie mana?' Aku masuk lagi, kenapa eyang, 'eyang cuma bilang, kamu terus ya jadi pemberontak, karena perempuan itu adalah makhluk yang hebat, kamu terus ya jadi pemberontak untuk Indonesia.' Itu pesen eyang yang akan gue kerjakan," jelasnya.

2 dari 2 halaman

2. Prosesi Pemakaman

Prosesi Pemakaman Jenazah BJ Habibie © KapanLagi.com/Budy Santoso
Sebagai Presiden ke-3 RI, sejumlah rangkaian prosesi pengantaran jenazah telah disusun. Menurut informasi yang diterima redaksi Kapanlagi, prosesi pemandian jenazah sudah dilakukan pada pukul 19.00 WIB.

Setelah itu jenazah disalatkan di Rumah Jenazah RSPAD pada pukul 19.50 WIB. Selanjutnya pukul 20.00 WIB jenazah dibawa menuju Rumah Duka yakni Perum. Patra Kuningan Jakarta Selatan. Jenazah dikawal oleh rombongan paspampres serta Keranza Gartap-1/JKT.

Rencananya pemakaman akan dilaksanakan pada Kamis (12/9) pukul 13.00 WIB. Tepatnya selepas dzuhur jenazah akan diberangkatkan dari rumah duka menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan.

(kpl/apt/jje)


↑