Inilah Aktivitas Ki Joko Bodo Setelah Tak Jadi Paranormal

Darmadi Sasongko | 01 September 2014, 10:31 WIB
Inilah Aktivitas Ki Joko Bodo Setelah Tak Jadi Paranormal
Kapanlagi.com - Memang banyak yang berubah dari Ki Joko Bodo. Selain penampilannya yang tidak gondrong dan berjenggot panjang, aktivitasnya juga tidak lagi duduk melayani pasien yang sedang terkena santet. Dia mengaku memiliki aktivitas baru, sebagai penggerak desa wisata.

"Aku sibuk, masih urus desa wisata. Sibuk banget. Sibuk di luar Jakarta, di luar negeri juga," kata Ki Joko Bodo saat dijumpai di kawasan Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (29/8).

Keputusan menggarap desa wisata, menurutnya hanya pilihan saja. Apapun pekerjaan sebenarnya bisa dijalankannya, sepanjang masing dianggap halal. Intinya seorang Ki Joko Bodo tetap harus bekerja untuk nafkah hidupnya.

"Usaha apapun yang penting jadi duit. Manusia harus jadi PT dirinya sendiri. Kalau nggak gerak, nggak dapat uang," katanya.

Ki Joko Bodo © KapanLagi.comKi Joko Bodo © KapanLagi.com

Ki Joko Bodo memutuskan untuk meninggalkan dunia paranormal yang selama ini digelutinya. Dia pun mewakafkan sebidang tanah yang selama ini dijadikan tempat praktiknya untuk dibangun mushola atau masjid.

Namun Ki Joko Bodo menolak jika wakaf untuk masjid ini merupakan bagian dari usahanya untuk menjadi sosok yang religius. Dia juga membantah perubahan dirinya ini dikaitkan dengan masa lalunya yang dianggap kafir.

"Dari dulu agama aku muslim. Aku nggak kafir, paranormal itu orang yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa," ujarnya.

Bagi pria yang memiliki koleksi benda pusaka ini menegaskan bahwa dia tidak ingin perubahan yang dilakukan dikaitkan dengan agama. Dia merasa tak ada yang berubah antara Ki Joko Bodo dulu dengan yang sekarang.

"Jangan dikaitkan agama soal perubahan. Aku nggak ada yang berubah, cuma cukur kumis aja," tukasnya.

(kpl/aal/dar)

Reporter:  

Sahal Fadhli