Inilah Upaya Medis yang Diterima BJ Habibie Sebelum Meninggal Karena Gagal Jantung

Kistin Septiyani | Rabu, 11 September 2019 23:51 WIB
Inilah Upaya Medis yang Diterima BJ Habibie Sebelum Meninggal Karena Gagal Jantung

Kapanlagi.com - Kepergian Presiden Ketiga Indonesia, BJ Habibie menjadi sebuah duka mendalam bagi bangsa ini. Sosok yang mendapat julukan Bapak Teknologi Indonesia ini menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (11/9/2019) di RSPAD Gatot Subroto.

Sang putra, Thareq Kemal Habibie menyatakan bahwa tim dokter telah melakukan upaya terbaik untuk merawat dan mengobati BJ Habibie. Namun upaya tersebut sayangnya tak bisa menyelamatkan sang ayah.

"Tim dokter sudah berbuat terbaiknya, tidak bisa dibuat apa-apa lagi, mohon doanya," kata Tahreq, dikutip dari Liputan6.com pada Rabu (11/9/2019).

1 dari 3 halaman

1. Gagal Jantung

©Kapanlagi.com/Agus Apriyanto
BJ Habibie meninggal dunia di usianya yang ke-83 tahun. Tokoh intelektual Indonesia ini berpulang setelah berjuang menghadapi gagal jantung yang dideritanya.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Pro dr Azis Rani mengungkapkan bahwa suami Ainun Habibie ini telah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto sejak 1 September 2019 lalu.

2 dari 3 halaman

2. Ditangani Banyak Dokter Ahli

©Kapanlagi.com/Agus Apriyanto
Azis Rani mengungkapkan bahwa selama menjalani perawatan, BJ Habibie telah ditangani banyak dokter ahli. Perancang pesawat R80 ini menerima perawatan dari para dokter di berbagai bidang seperti jantung, penyakit dalam dan ginjal.

"Dalam Perawatan Sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif, mencakup berbagai gangguan organ yang terjadi," Azis Rani.

3 dari 3 halaman

3. Sempat Dilarikan ke Jerman

©KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Sebelumnya, BJ Habibie dikabarkan mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Mantan presiden ini mengalami kebocoran klep jantung yang membuatnya harus dilarikan ke Jerman.

Setelah menjalani pengobatan di Jerman, ia kembali masuk ke RSPAD Gatot Subroto. Kondisi kesehatan yang tak begitu baik ini membuat sejumlah tokoh negeri ini mengunjungi tempatnya menjalani perawatan.

(kpl/lip/TIN)


Editor:  

Kistin Septiyani

↑