Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Dipanggil Polisi, Irwansyah Harus Memilih Apakah Jerat Adiknya Secara Pidana Atau Perdata

Kamis, 06 Januari 2022 15:31 WIB
Dipanggil Polisi, Irwansyah Harus Memilih Apakah Jerat Adiknya Secara Pidana Atau Perdata
Hafiz Fatur adik Irwansyah dilaporkan pemalsuan surat kuasa © Instagram.com/irwansyah_15

Kapanlagi.com - Artis Irwansyah beberapa waktu lalu membuat laporan yang ditujukan pada Hafiz Fatur, adiknya ke Polres Metro Jakarta Selatan terkait pemalsuan surat kuasa. Terbaru, Irwansyah juga menggugat adiknya secara perdata ke Pengadilan Negri Tangerang.

Namun, sebelum melakukan itu, Irwansyah mengutus Muhammad Zakir Rasyidin, kuasa hukumnya untuk mendiskusikannya terlebih dahulu pada penyidik Polres Metro Jakarta Selatan.

"Ada peraturan Mahkamah Agung yang berkaitan dengan apabila ada perkara yang sama, kemudian perdatanya berjalan, maka pidananya ditangguhkan," ucap Zakir, Kamis (6/1).

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Irwansyah Masih Mendiskusikan

Makanya, untuk itu Zakir akan terlebih dahulu mendiskusikan dengan kliennya, Irwansyah bakal menempuh jalur yang mana, apakah perdata atau pidana pada sang adik.

"Biar klien yang memutuskan. Semua kami serahkan ke klien," tutup Zakir.

2. Irwansyah Dipanggil Polisi

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit menerangkan, penyidik telah melayangkan surat panggilan kepada Irwansyah. Surat panggilan itu, kata dia, berisi pemanggilan terhadap bintang film Love Story untuk dimintai keterangan selaku pelapor kasus pemalsuan dokumen yang dilakukan oleh Hafiz

Rencananya, pemeriksaan terhadap Irwansyah dilakukan pada Jumat, 7 Januari 2022 di Polres Metro Jakarta Selatan. "Irwansyah rencana pemanggilan minggu ini. Nanti akan dipanggil pada hari Jumat," kata Ridwan saat dihubungi, Rabu (5/1/2022).

3. Rumah Disita

Gambar

Sebagai pengingat, Irwansyah dan istrinya, Zaskia Sungkar tiba-tiba didatangi pihak bank yang ingin menyita salah satu rumahnya di kawasan Bintaro, Tanggerang Selatan. Usut punya usut, rupanya Hafiz Fatur yang sudah mencuri sertifikat rumahnya dan mengagunkannya ke bank dengan memalsukan tanda tangan Irwansyah.

Hafiz Fatur sendiri kini tengah menjadi buronan polisi lantaran diduga telah terlibat dalam kasus Tipikor fasilitas Briguna di Bank BRI Kantor Cabang Pembantu (KCP) Tegar Beriman.



4. Pemalsuan Tanda Tangan

Hafiz Fatur, adik Irwansyah diduga telah melakukan melakukan pemalsuan tanda tangan dan dokumen.

Laporan itu sudah masuk di Polres Metro Jakarta Selatan sejak 19 November 2021. Menurut Kuasa Hukum Irwansyah, laporan tersebut berkaitan dengan pemalsuan tanda tangan.

"Pelaporan ini berkaitan adanya dugaan pemalsuan tanda tangan. Yang mana, klien kami kaget saat ada bank yang mengirimkan surat tagihan ke rumahnya. Bahwa Irwan sudah tidak bayar cicilan terkait adanya peminjaman uang di bank itu. Irwan kaget gimana saya bisa ditagih padahal tidak pernah kredit," kata kuasa hukum Irwansyah, Zakir Rasyidin, saat menggelar konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (3/1/2022).



5. Ajukan Pinjaman ke Bank

Gambar

Zakir menjelaskan, pemalsuan tanda tangan yang dilakukan oleh adik Irwansyah untuk meminjam uang ke bank senilai Rp 1 sampai 2 miliar. Tak hanya tanda tangan Irwansyah, sang adik juga memalsukan tanda tangan milik Zaskia Sungkar.

"Setelah kroscek saya menemukan banyak surat-surat. Yang mana dari surat tersebut diduga kuat saudara hafiz memalsukan tanda tangan Irwan dan Zaskia Sungkar untuk kepentingannya. Kepentingannya untuk melakukan peminjaman uang di salah satu bank swasta itu. Sebesar 1-2 Miliar," katanya.



6. Ajukan Laporan ke Polisi

Laporan dari Irwansyah sendiri telah masuk di Polres Metro Jakarta Selatan sejak 19 November 2021 dengan nomor laporan /LP/B/2345/XI/2021/RJS/PMJ. Kuasa Hukum menyebut kalau hingga detik ini Irwansyah tak pernah bertemu dengan pihak bank.

"Akhirnya di bulan November kemarin saya selaku kuasa hukum membuat laporan di Polres Jakarta Selatan. Berkaitan dengan pemalsuan surat, karena memang yang kami temukan ada perjanjian kredit, kemudian surat pelepasan hak. Kemudian ada surat pernyataan yang ada tanda tangan Zaskia dan Irwan. Yang faktanya Irwan tidak pernah bertemu dengan pihak bank," tutupnya.