Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Istri Ridwan Kamil Saksikan Emmeril Kahn Mumtadz Terseret Arus Sungai, Sempat Berteriak Minta Tolong

Sabtu, 28 Mei 2022 20:30 WIB
Istri Ridwan Kamil Saksikan Emmeril Kahn Mumtadz Terseret Arus Sungai, Sempat Berteriak Minta Tolong
Istri Ridwan Kamil jadi saksi Emmeril Kahn Mumtadz terseret arus © instagram/ataliapr

Kapanlagi.com - Putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz hilang terbawa arus Sungai di Swiss, Kamis (26/5/2022). Hingga kini, petugas SAR setempat masih melakukan pencarian terhadap Eril.

Elpi Nurzaman, selaku perwakilan keluarga, menceritakan kronologi sesaat sebelum Eril hilang terbawa arus. Di saat kejadian, keluarga sedang berada di lokasi bersama Eril.

1. Rencana Berenang Bersama

Gambar

Elpi mengatakan, Eril yang saat itu bersama ibunya, Atalia Praratya Kamil, adiknya, Camillia Laetitia Azzahra, dan juga beberapa keluarga, tertarik untuk berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss.

"Sungai di sana kan warnanya jernih dan membuat setiap orang ingin berenang, " kata Elpi dalam jumpa pers virtual, Sabtu (28/5/2022).

2. Sudah Meninjau Lokasi

Elpi mengungkap, sebelum masuk ke Sungai, Eril yang memiliki sertifikat diving dan memiliki kemampuan menilai dan mengukur arus, sudah meninjau lokasi yang aman untuk berenang.

"Berdasar keterangan keluarga di sana sebelum melakukan kegiatan berenang, Eril memastikan titik mana yang aman," tuturnya.

3. Tak Semua Ikut Berenang

Kata Elpi, Eril juga yang memilih siapa saja yang ikut berenang. Eril memilih adiknya dan kawannya yang sudah lama tinggal di Swiss untuk ikut berenang bersamanya. Sementara sang ibu, tidak diizinkannya untuk ikut masuk ke Sungai.

"Eril mengatur yang layak turun karena menilai dari kesiapan. Karena keponakan saya ini pemuda yang bertanggung jawab, ia juga memastikan ibunya tidak ikut turun (berenang)," kata Elpi.

4. Teriakan Minta Tolong

Lebih lanjut, Elpi mengatakan apa yang menimpa Eril merupakan suatu takdir. Saat terbawa arus, dikatakan bahwa Eril sempat berteriak minta tolong.

"Poinnya secara fisik dan kesiapan juga mental sudah siap dan secara lokasi sudah dipastikan safety. Qodarullah ada sesuatu yang tak terduga, Eril terbawa arus dan Eril berteriak help kemudian keluarga yang ada di pinggir berlari mencari dan teriakan help ini terdengar warga dan menelepon polisi," tuturnya.

5. Keluarga Tabah dan Sabar

Elpi memastikan Ridwan Kamil dan sang istri Atalia Kamil, juga keluarganya yang saat ini berada di Swiss, tabah dalam menghadapi ujian ini.

"Beliau (Ridwan Kamil) sekeluarga terpantau sehat, tabah dan sabar menjalani ujian ini," pungkasnya.