Istri Sunan Kalijaga Blak-Blakan Pernikahan Salmafina Terjadi Karena Peran Besarnya

Galuh Esti Nugraini | Selasa, 17 September 2019 16:10 WIB
Istri Sunan Kalijaga Blak-Blakan Pernikahan Salmafina Terjadi Karena Peran Besarnya

Kapanlagi.com - Banyak cerita yang terjadi pada anak pertama Sunan Kalijaga, yakni Salmafina Sunan. Mulai dari pernikahannya yang hanya seumur jagung hingga dirinya dikabarkan telah berpindah keyakinan. Semua itu pun, tak heran membuat wanita cantik ini menjadi sorotan publik.

Bicara soal pernikahan Salmafina itu, sang ibunda, Heidy Sunan pun akhirnya buka suara. Mengapa pernikahan tersebut bisa terjadi. Padahal umur Salmafina saat itu masih terbilang remaja.

Ternyata Heidy pun berikan beberapa pertimbangan mengapa ia dan Sunan Kalijaga mengijinkan sang anak menikah. Hal itu ia ungkap saat ngobrol bareng bersama Ussy Sulistiawaty di Ussy Andhika Official YouTube channel.

"Waktu itu yang mendasari semua kan belajar ya, maksudnya mendalami ilmu agama. Nomor satu di agama kita kan kalau anak sudah minta menikah, dosa hukumnya jika orangtua melarang," ucap istri Sunan Kalijaga ini.

 

 

1 dari 2 halaman

1. Mengaca Pada Pernikahan Heidy Sunan

Yang membuat Heidy akhirnya berikan restu, karena ia juga melakukan pernikahan dini. Heidy menikah dengan Sunan Kalijaga di usia 18 tahun. Berbeda dengannya, Heidy menganggap Salmafina memang terlihat mantap dengan keputusannya untuk menikah.

"Kedua aku juga mengaca sama pernikahan aku sendiri, bahwa 18 tahun (usia) aku (menikah) maksudnya dibandingin sama Alma waktu mau menikah itu aku mah lebih gak punya apa-apa kasarnya. Kalau Alma sudah punya pribadi, dia sudah lumayan," jelas ibu dua orang anak ini.

"Dan aku bisa menjalani yang kata orang pernikahan dini atau apa pun itu buat aku baik-baik aja kok. Aku gak kehilangan masa muda aku. Jadi berdasarkan itu semua dan waktu itu anaknya ditanya seriusan mau dan siap ya aku kenapa enggak," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

2. Penyesalan Heidy Sunan

Penyesalan Heidy Sunan (credit: Ussy Andhika Official YouTube)
Hingga akhirnya pernikahan yang dijalani Salmafina Sunan tak bertahan lama. Rumah tangga itu pun kandas seumur jagung. Bagaimana perasaan Heidy melihat kandasnya pernikahan Salmafina?

Bisa tahu akan berakhir seperti ini, tentu Heidy tidak akan mengijinkan sang anak menikah. Namun semua itu telah terjadi, Heidy tak mau menyesal dan berlarut dalam kesedihan.

"Kalau ditanya menyesal itu gini, kita gak boleh nyesel ya. Tapi sejujurnya kalau saja ditarik mundur aku rasa tidak mengijinkan (Salmafina) untuk menikah karena sebenarnya pernikahan (Salmafina) itu bisa terjadi jujur aja emang peran aku yang paling besar. Karena Sunan sendiri, 'nggak lah nggak', pokoknya ada ketidaksetujuan di situ. Tetapi karena ada masukan-masukan dari aku apa segala macem, pernikahan itu terjadi,' ungkapnya.

"Pernikahan itu intinya bisa terjadi ya karena banyak peran aku," tutupnya.

(kpl/gen)


↑