Isu Salmafina Pindah Agama Merebak, Berikut 15 Artis yang Pernah Diterpa Hal Serupa

Tantri Dwi Rahmawati | Kamis, 11 Juli 2019 10:42 WIB
Isu Salmafina Pindah Agama Merebak, Berikut 15 Artis yang Pernah Diterpa Hal Serupa

Kapanlagi.com - Kemarin Rabu (10/7) publik digegerkan dengan isu Salmafina Sunan pindah agama. Kendati kontroversi yang dimunculkan bukan kali ini saja, isu ini tentu nggak pernah diduga siapapun. Namun siapa sangka, isu pindah agama nggak cuma menerpa Salma tapi juga pernah menerpa sejumlah selebriti lain.

Ya, mulai dari Pablo Benua hingga Glenn Fredly. Sederet seleb ini sebagian ada yang betul-betul pindah keyakinan. Siapa saja sih yang pernah diisukan pindah agama? Yuk intip!

 

 

1 dari 15 halaman

1. Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Nikita Mirzani © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto
2016 silam Nikita Mirzani pernah menjalin hubungan dengan Samuel Rizal. Saat masih bersama, sempat berhembus isu kalau Nikita Mirzani siap untuk pindah agama demi Sammy, Mendengar hal itu, salah satu bintang di film COMIC 8 itu langsung membantahnya.

"Tidak mungkin. Seburuk apapun, Nikita Mirzani tidak akan pindah agama karena Islam buat Niki agama yang nyata," tukasnya saat dijumpai usai pemotretan di kawasan Pluit Jakarta Utara, Kamis (14/4/2016) silam.

2 dari 15 halaman

2. Nikita Willy

Nikita Willy Nikita Willy ©instagram.com/nikitawillyofficial94
Kehidupan asmara artis cantik Nikita Willy memang kerap menjadi sorotan. Pada April 2016 silam Nikita tengah menjalin kasih dengan pria Bali bernama Tutde Sumerta. Hubungan ini lantas diwarnai dengan munculnya foto Niki memakai baju adat Bali.

Gara-gara itu nggak sedikit yang mengira Nikita telah menikah dengan Tutde dan pindah agama. Soal itu tersebut Niki malah mengaku bingung. "Aku agak bingung sendiri dengan foto itu. Karena itu kan aku memakai baju adat Bali, dan semua orang bisa memakai baju adat Bali. Kenapa ketika aku pada saat memakai baju itu dan aku foto masukin instagram orang-orang berpikir jika aku pindah agama?" ucap Nikita Willy kala itu.

3 dari 15 halaman

3. Glenn Fredly

Glenn Fredly Aura Kasih - Glenn Fredly © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
2015 silam kedekatan Glenn dan Aura kasih tercium publik. Makin mesra, nggak sedikit yang menduga mereka bakal melangkah ke pelaminan. Seiring dengan itu, dugaan bahwa Glenn dikabarkan rela untuk pindah agama pun merebak.

Tidak ada yang menepis maupun mengklarifikasi isu tersebut. Setelah Glenn dan Aura nggak lagi bersama pun isu tersebut berlahan menghilang. Hingga kini, nggak ada kabar kalau Glenn pindah agama.

4 dari 15 halaman

4. Shandy Aulia

Shandy Aulia Shandy Aulia © instagram.com/shandyaulia
Isu pindah agama juga pernah dialami oleh Shandy Aulia pada Mei 2018 lalu. Ia lantas berikan bantahan lewat caption panjang di unggahan Instagram pada Senin (7/5/2018) silam.

"Ini asumsi loh! Saya tidak pernah pindah keyakinan. Sedari kecil saya dibesarkan dengan keluarga yang berbeda keyakinan. Dari kecil, remaja, hingga hari ini saya memilih Tuhan Yesus sebagai Juru Selamatku. Tidak ada hubungan apapun dengan pasangan hidup saya saat ini, karena murni pilihan hati dan jiwa saya. Dan Puji Tuhan saya diberikan pasangan yang seiman seperti doa saya ketika masih kecil dulu," ungkap Shandy.

5 dari 15 halaman

5. Vanessa Angel

Vanessa Angel Vanessa Angel berhijab © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Setelah bebas dari penjara, Vanessa Angel langsung mengadakan syukuran bareng 20 anak yatim. Di momen itu, penampilan Vanessa Angel terlihat jauh berbeda dari biasanya. Kali ini wanita berambut pendek itu tampil anggun dengan hijabnya.

Lebih lanjut, pasca bebasnya Vanessa ada rumor pindah agama yang disematkan padanya. Seolah ingin menepis hal itu, sang manajer akhirnya buka suara. "Jadi gini, Vanessa itu terlahir Islam. Ayahnya Islam, ibunya non Muslim. Cuma Vanessa dari kecil memang Muslim. Sampai sekarang juga Muslim," tandasnya.

6 dari 15 halaman

6. Chelsea Olivia

Chelsea Olivia Chelsea Olivia © KapanLagi.com®/Bambang E Ros
Pada 2015 silam Chelsea Olivia dikabarkan akan segera berpindah keyakinan dari Protestan menjadi Katolik. Rumor ini sendiri telah berhembus seiring berjalannya hubungan mereka yang akan segera melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Chelsea pun akhirnya memberikan konfirmasi secara langsung tentang kabar ini. "Pindah ke Katolik cuma dari KTP aja. Saya nggak pindah keyakinan. Tuhan saya masih Yesus," tutur Chelsea saat ditemui di kawasan MNC Plaza, Jakarta Pusat pada Jumat (9/1/2015).

7 dari 15 halaman

7. Junior Liem

Junior Liem Junior Liem dan Putri Titian © Istimewa
Dilansir dari Brilio.net, Aktor tampan Junior Liem resmi memeluk agama Islam sesaat sebelum pernikahannya dengan Putri Titian pada tahun 2016 silam. Dengan menggunakan busana adat Palembang dan duduk di hadapan seorang pria berpeci, Junior dengan lantang mengucap kalimat syahadat.

Keputusannya menjadi seorang muslim tentu disambut suka cita oleh banyak orang. Sebab sebelum menikah, hubungan keduanya sempat menuai pro dan kontra karena disebut memiliki perbedaan keyakinan.

8 dari 15 halaman

8. Steve Emmanuel

Steve Emmanuel Steve Emmanuel © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya
Nama Steve Emmanuel pernah ramai diperbincangkan. Semenjak tersandung kasus narkoba akhir tahun lalu, publik kemudian mulai ramai memperbincangkan agama yang dipeluk Steve. Seperti yang diketahui, pada tahun 2008 lalu Steve sempat menjadi seorang mualaf.

Isu kepindahan agama dari Nasrani ke Islam lalu kembali memeluk Nasrani lagi itu merebak berkat kesaksian Steve dalam salah satu persidangan. Kala itu hakim menanyakan terkait identitas mantan suami Andi Soraya ini. Ia kemudian memberikan jawaban bila dirinya adalah seorang non muslim.

"Kristen yang mulia," jawab Steve Emmanuel kepada majelis hakim seperti dilansir Liputan6.com.

9 dari 15 halaman

9. Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier Sabrina Choirunnisa, KH. Ma\'ruf Amin, dan Deddy Corbuzier © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Juni lalu beredar isu bahwa Deddy Corbuzier akan segera memeluk Islam. Nggak sekedar rumor, Deddy akhirnya resmi jadi mualaf pada Jumat (21/6).

Keputusan mualaf ini tentu bikin siapapun terhenyak. Nggak sedikit juga yang menduga Deddy melakukan ini sebab hendak menikahi sang kekasih, Sabrina Chairunnisa. Seperti yang KLovers tahu, Sabrina adalah wanita beragama Islam. Isu ini lantas dibantah oleh Deddy.

10 dari 15 halaman

10. Celine Evangelista

Celine Evangelista Celine Evangelista (Credit: Instagram/celine_evangelista)
Ramadan lalu, Celine diterpa isu telah mualaf. Hal itu disulut oleh penampilan Celine yang memakai hijab syar'i dalam sebuah acara buka bersama. Lalu apa tanggapan ibu tiga anak ini soal penampilannya yang viral belum lama ini?

"Untuk saat ini, aku masih mengimani agama yang aku anut dari lahir yaitu Katolik," ujar Celine Evangelista, seperti dilansir dari channel Youtube-nya, Sabtu (11/05/2019).

11 dari 15 halaman

11. Pablo Benua

Pablo Benua Rey Utami dan Pablo Benua © KapanLagi.com/Nurwahyunan
Nama sosok yang satu ini lagi santer terdengar gara-gara kasus 'Ikan Asin'. Siapa sangka, sebelum menikah Rey Utami, ia diisukan pindah agama. Seperti diketahui, Pablo sebelumnya adalah pemeluk agama Katolik.

Mengetahui kabar tak benar itu, Rey pun mengutarakan bantahannya. "Saya mau klarifikasi kalau suami saya masuk Islam demi saya itu nggak bener, karena dia serius (masuk islam). Di rumah ada buku panduan salat. Nanya-nanya salat Jumat. Kemarin juga ikut kurban Sapi. Saya jelasin itu kendaraan kita buat di surga," ujar Rey Utami saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (13/10/2016) silam.

12 dari 15 halaman

12. Bunga Zainal

Bunga Zainal Berkas Laporan Bunga Zainal © Istimewa
Dinikahi Sukdev Singh, sempat beredar kabar bahwa Bunga telah pindah ke agama Hindu. Bukan omong kosong, beredar bukti dalam berkas laporan penyalahgunaan foto kalender Senin (27/2/2017), tertulis bila dirinya telah berpindah agama mengikuti sang suami yakni Hindu.

Ketika dikonfirmasi kepada Evie selaku Ibunda, wanita tersebut tidak memberi jawaban gamblang. Namun dari jawaban itu nampak dirinya tak mempermasalahkan keterbukaan sang anak. Seperti diketahui, Evie dikabarkan sempat tak setuju dengan pernikahan Bunga.

13 dari 15 halaman

13. Almarhum Fery Wijaya

Almarhum Fery Wijaya Ririn Ekawati - Fery Wijaya ©instagram Ririn Ekawati
Sosok Fery Wijaya suami artis Ririn Ekawati dikenal baik dan begitu sayang kepada keluarga. Sebelum menikah dengan Ririn pada tahun 2015 silam, almarhum ternyata telah belajar agama Islam dan akhirnya menjadi mualaf. Hingga meninggal dunia pada tanggal 11 Juni 2017, almarhum Fery Wijaya tetap memegang agama Islam.

"Dia pindah agama sebelum menikah, waktu kita lagi dekat. Aku bilang kalau kamu punya rencana serius sama aku, aku nggak mungkin (menikah) sama yang beda agama. Karena di keluargaku agama penting banget. Adikku (Rini Yulianti) kan suaminya orang Korea dan mualaf," ujar Ririn Ekawati di kediamannya, kawasan Pejompongan, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2017).

14 dari 15 halaman

14. Nania Idol

Nania Idol Nania Idol © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya
Pada 2016 silam Nania membuat heboh karena pengakuannya yang telah pindah keyakinan. Nania juga sempat memberikan kesaksian hidup yang bisa dilihat lewat sebuah video berdurasi sekitar 15 menit yang tersebar di dunia maya.

"Saya Nania Yusuf berasal dari muslim, Mami saya Pakistan, Bapak Jawa. Saya sekarang sudah mau memasuki tahun kedua untuk bisa terima Yesus dalam kehidupan saya dan puji Tuhan tidak akan berubah sampai kapanpun juga meskipun banyak sekali harga yang harus dibayar untuk terima Yesus sebagai juru selamat saya," ujar Nania dalam video tersebut.

15 dari 15 halaman

15. Elma Agustin

Elma Agustin Elma Agustin - Kevin Aprilio © KapanLagi.com
Mantan kekasih Kevin Aprilio ini pernah dikabarkan akan pindah agama. Pada 2014 silam keduanya putus sebab beda keyakinan. Beberapa waktu setelah itu mereka kembali bersama dan isu pindah agama itu mencuat ke publik.

Elma sendiri saat itu mengaku masih galau memikirkan hal tersebut."Enggak mau bilang iya atau nggak (pindah agama). Itu masalah pribadi. Dari kecil sudah di Kristen, dia (Kevin) juga dari kecil sudah di Islam, sama-sama kuat nanti ke depannya dicari lagi ya solusinya," ujar Elma di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (13/3/2014).

(kpl/tdr)


↑