Isu Salmafina Pindah Agama Ramai, Sunan Kalijaga Hanya Bisa Hubungi Via Instagram

Galuh Esti Nugraini | Senin, 15 Juli 2019 15:30 WIB
Isu Salmafina Pindah Agama Ramai, Sunan Kalijaga Hanya Bisa Hubungi Via Instagram

Kapanlagi.com - Pemberitaan tentang Salmafina Sunan memang tengah ramai diperbincangkan. Hal ini terkait tentang isu dirinya pindah agama. Masalah ini jadi menyerempet ke keluarganya, terutama sang ayah Sunan Kalijaga.

Perasaan Sunan Kalijaga rupanya hancur mengetahui keputusan besar yang diambil oleh anak sulungnya itu. Apalagi ia mengetahui di saat dirinya merayakan 21 tahun pernikahan dengan sang istri. Sunan Kalijaga merasa ini adalah cobaan yang harus ia hadapi.

Diketahui sebelum isu pindah agama itu, Salmafina Sunan sudah tak tinggal bersama keluarganya. Ia juga putus komunikasi dengan keluarga. Hingga membuat Sunan Kalijaga kesulitan menghubungi anaknya itu.

Hingga berbagai cara pun ia lakukan, termasuk posting lewat insta story. Tak heran jika pengacara satu ini sering mengunggah keluh kesahnya itu ke media sosial.

1 dari 10 halaman

1. Berawal Dari Salmafina Pakai Kalung Salib

Berawal Dari Salmafina Pakai Kalung Salib (credit: instagram.com/tantee_rempoong_official)
Isu Salmafina Sunan pindah agama bermula saat foto dirinya memakai kalung salib menyeruak. Foto itu memperlihatkan dirinya tengah berada di suatu tempat tengah mencatat. Tak lupa saling pun ia kalungkan.

Tak hanya itu saja, ada juga sebuah video Salmafina berdoa dengan khusyuknya. Posisi keduanya tangannya di bawah dagu. Bahkan saking khusyuknya ia sampai menangis tersedu.

Sampai Dengan adanya foto dan video itu, publik pun beranggapan jika Salmafina berada di sebuah gereja. Sepertinya momen tersebut diambil dari insta story seseorang. Ia juga berikan semangat pada Salmafina.

2 dari 10 halaman

2. Salmafina Akhirnya Bicara

Salmafina Akhirnya Bicara (credit: Rumpi No Secret)
Ia pun menjadi sorotan. Benar atau tidaknya, publik pun telah beritakan tanggapannya. Komentar negatif pun ia dapatkan atas putusannya itu.

Setelah sempat membisu, akhirnya ia pun buka suara. "Seperti yang aku bilang memang connection-nya ada dan tidak bisa dibohongi. Sudah lama banget memang. Kenapa aku tenang? Karena i know somehow kayak bom, ini akan meledak, entah dari mana pun ini akan meledak," ujar Salmafina Sunan, seperti dilansir dari tayangan Youtube Rumpi Trans TV, Rabu (10/07/2019).

Ia sadar cepat atau lambat keluarganya akan tahu namun Salmafina tak menyangka kalau foto itu beredar saat anniversary pernikahan orangtuanya. Salmafina juga merasa, orangtuanya pun akan susah untuk menerimanya namun ia yakin, jika mereka akan kuat.

"Tapi yang aku sedih kenapa kok momennya pas banget sama anniversary. Kenapa momennya sekarang?" curhatnya.

3 dari 10 halaman

3. Kado Terberat di Ultah Pernikahan

Kado Terberat di Ultah Pernikahan ©Instagram/lambe_turah
Mengetahui tentang kabar anaknya itu, awalnya Sunan Kalijaga tak percaya. Bahkan ia menganggap sebagai hoax semata. Hingga akhirnya perasaannya pun hancur terlihat saat ia mengunggah sebuah postingan di insta storynya.

"Alhamdulillah terima kasih ya Allah di hari ulang tahun pernikahan kami ke-21 tahun engkau berikan hadiah yang BERAT namun insyaAllah dengan ikhlas karena engkau Maha Kuasa lagi Maha Penyayang," tulisnya.

Meski begitu Salmafina Sunan tetap hadir di acara ulang tahun pernikahan kedua orangtuanya itu. Mereka pun berfoto bersama. Tampak jika Sunan Kalijaga sangat mencintai keluarganya itu.

4 dari 10 halaman

4. Susah Berkomunikasi dengan Anak

Susah Berkomunikasi dengan Anak Salmafina Sunan dan Sunan Kalijaga © instagram/salmafinasunan
Rupanya Sunan Kalijaga kesulitan berkomunikasi dengan anak perempuannya. Setiap pesannya pun tak pernah Salmafina balas. Hingga akhirnya Sunan mengandalkan sosial medianya.

Ya, ia aktif membuat insta story dan ramai berkomentar. Hal ini dilakukannya karena ia tahu jika sang anak selalu membuka sosial media. Maka dari itu, ia memilih menuliskan pesannya di sana.

Maksud dan tujuan sang ayah pun telah diketahui oleh Salmafina. Ia menyadari apa yang dilakukan ayahnya itu adalah sebuah usaha untuk berkomunikasi dengan dirinya. "Mungkin karena anaknya, sangat-sangat into sosmed. Jadi dia reach out-nya dari sosmed, by komen," ujar Salma.

 

 

5 dari 10 halaman

5. Menyesal Nikahkan Anak

Menyesal Nikahkan Anak ©Instagram/sunan_kalijagash
Di tengah isu pindah agama sang anak, Sunan Kalijaga juga mengungkap penyesalannya. Ya, ia mengesal menikahkan Salmafina dengan Taqy Malik. Memang keduanya terbilang singkat membangun rumah tangga, hanya beberapa bulan saja.

"Demi Allah, saya menyesal pernah menikahkan anak kesayanganku @salmafinasunan dengan dia. Semoga Allah membalas segalanya," tulis Sunan Kalijaga, seperti dilansir dari akun Instagram pribadinya, pada Jumat(12/7/2019).

Entah apa maksud dari penyesalan itu, namun banyak netizen yang mengaitkannya dengan isu Salmafina pindah agama.

6 dari 10 halaman

6. Salmafina Tulis Kalimat Bijak

Salmafina Tulis Kalimat Bijak © instagram.com/salmafinasunan
Salmafina tetap kuat dengan badai yang tengah menerpanya. Keputusannya pun telah bulat dan mencoba menghadapinya seorang diri. Sebuah pesan tentang kebebasan dan karunia pun ia buat.

"Setelah kita dibenarkan oleh Kasih Karunia, maka kita bisa hidup dalam kebenaran dan mempertahankan kebebasan yang kita miliki. Kasih karunia memberikan kehidupan, kemerdekaan, pembenaran tetapi juga menuntut kita untuk hidup dalam kebenaran," tulis Salma.

7 dari 10 halaman

7. Tak Pulang Sampai Ibu Sakit

Tak Pulang Sampai Ibu Sakit (credit: instagram.com/tantee_rempoong_official)
Salmafina pun belum juga pulang ke rumah. Tentu saja sebagai orangtua, Sunan Kalijaga dan istri merasa khawatir. Namun dalam postingannya di Instagram, Salmafina terlihat tengah bersenang-senang.

Postingan itu pun dikomentari oleh sang ayah. Ya, hal ini terlihat dari unggahan salah satu akun gosip @tantee_rempoong_official.

"MAMIII...?!! Pulang kak @salmafinasunan ibu sudah 2 hari sakit. Orang yang di foto bersama kamu itu siapa? Bukan ibu kamu," kata Sunan mengomentari unggahan Salmafina.

Sunan Kalijaga juga menyampaikan jika istrinya sakit karena memikirkan Salmafina. "@salmafinasunan ibu sudah 2 hari sakit mikirin kamu," lanjutnya.

8 dari 10 halaman

8. Masih Tutup Komunikasi

Masih Tutup Komunikasi Instagram.com/lambe_turah
Sampai sekarang Sunan Kalijaga masih kesulitan berkomunikasi dengan sang anak. Melalui media sosial inilah, menjadi jalan satu-satunya untuk berkomunikasi. "Maaf ayah cuma bisa menyampaikan lewat IG karena kamu menutup akses komunikasi kepada ayah," ujarnya.

"Sadar anakku sayang @salmafinasunan. Siapapun kamu saat ini ayah, ibu dan Sean tetap menunggumu kembali ke pelukan kami," lanjutnya.

Bahkan terlihat juga Sunan Kalijaga pernah memposting soal agama. Apakah postingan itu ditujukan untuk Salmafina?

"Islam mengajarkan dan mengutamakan adab seseorang kepada orang tuanya. Tidak ada agama manapun yang mengajarkan menyakiti orang tuamu. Agama mana yang mengajarkan menjauhi keluarga? Setau saya semua agama mengajarkan kasih sayang kepada ornag tua," ucap suami dari Heidy Sunan itu.

9 dari 10 halaman

9. Unggah Isi Chat dengan Ibu

Unggah Isi Chat dengan Ibu (credit: instagram.com/tantee_rempoong_official)
Hubungan antara ayah dan anak ini juga makin runyam. Di tengah putus komunikasi dengan Sunan Kalijaga, Salmafina malah mengunggah chatnya bersama sang ibu. Isi chat itu pun diunggah oleh akun gosip Lambe Turah kemarin Minggu (14/7).

Salmafina telah berikan penjelasan kepada orangtuanya. Apa yang menjadi unek-uneknya pun ia curahkan, namun apa yang terjadi respon orangtuanya pun tidak seperti yang ia harapkan.

"Tapi apa? Tidak ada kabar setelah itu, Bahkan aku hanya menerima cacian yang sebenarnya aku maklumi karena kalian pasti terpukul sebagai orang tua. Kalian pasti sedih, aku terima semua kutukan, kecaman, dan lainnya," tulis Salma.

"Dan sekarang saat aku ingin tetap memperbaiki hubungan, melakukan peran sebagai anak, kakak, dan keluarga malah seperti ini," lanjutnya.

Mendengarkan keluh kesah sang anak, Heidy pun berikan semangatnya. Ia tahu jika sang anak adalah sosok yang kuat, "Ibu mengerti sayang. Tetaplah kuat anakku sayang".

10 dari 10 halaman

10. Belum Mau Bertemu dengan Sunan Kalijaga

/p/fpsalmaorangtuan1.jpg
Melihat statement Sunan Kalijaga soal dirinya tutup akses komunikasinya, akhirnya Salmafina berikan tanggapannya. "Saya tidak memutus apapun, bahkan hari ini atas dasar keinginan hati saya seharusnya saya bertemu kedua orangtua saya yang luar biasa saya cintai," tulis Salma.

Akhirnya ia pun menjelaskan semuanya, mengapa dirinya tak kunjung pulang. Salmafina butuh waktu untuk sendiri dulu. Ia pun masih mencintai keluarganya.

Namun, ada beberapa hal yang membuatnya masih belum bisa bertemu dengan sang ayah. Hal itu pun ia juga ungkap. Ia merasa Sunan Kalijaga malah memperburuk keadaan lewat berbagai postingannya di sosial media.

Akan hubungan antara ayah dan anak ini akan membaik. Semoga apa pun yang terjadi, mereka dapat menyelesaikannya. 

(kpl/gen)


↑