Iwan Fals Jadi Dalang di Opera Diponegoro

Fajar Adhityo | 03 November 2011, 20:23 WIB
Iwan Fals Jadi Dalang di Opera Diponegoro
Kapanlagi.com - Bergitar sekaligus melantunkan karyanya tak diragukan lagi. Bahkan sampai sekarang penggemarnya pun menyebar di seluruh Indonesia. Namun apa jadinya jika Iwan Fals, orang yang dimaksud, menjadi dalang dalam sebuah pagelaran?

Adalah Sardono W. Kusumo, seniman dan konseptor gelaran Opera Diponegoro yang mengajak Iwan terlibat.

"Saya kali ini menggandeng Iwan Fals yang akan menembangkan lagunya, menjadi narrator sekaligus dalang," ujar Sardono di hotel Grand Kemang Jakarta, Kamis (3/11).

Sementara Iwan berpendapat keterlibatan dia sebagai orang yang mendukung opera ini dengan karyanya dijadikan pengalaman spiritual lain yang diperoleh.

"Pertunjukan ini pengalaman spiritual buat diri saya. Mudah-mudahan bisa terjawab dan jadi perilaku, gak sekedar karya aja," terang Iwan.

Ditambahkan di gelaran tersebut dia akan membawakan sepuluh syair yang dinyanyikan sesuai dengan cerita.

"Ada 10 syair, yang bercerita saat Diponegoro ditahan selama 15 tahun. Syair ini merupakan catatan-catatan milik Diponegoro ditahan termasuk yang saya bawakan pertama ini adalah syair ketika Diponegoro ditangkap di Magelang," urainya.

Opera Diponegoro sendiri akan dihelat pada 11-13 November 2011 di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki. Opera ini pun didukung lebih kurang 60 orang termasuk penari dan berlangsung 120 menit dengan harga tiket mulai dari Rp 150.000 untuk kelas 2, Rp. 350,000 untuk kelas 1, Rp. 550,000 untuk kelas VIP hingga Rp 750.000 untuk kelas VVIP. (kpl/dis/faj)

Editor:  

Fajar Adhityo