Iwan Fals: Rempah-Rempah Itu Jati Diri Kita

Yunita Rachmawati | 30 Agustus 2010, 17:03 WIB
Iwan Fals: Rempah-Rempah Itu Jati Diri Kita
Kapanlagi.com - Walau hampir tiap pekan Iwan Fals berkeliling kampus di Jakarta dan Bogor dalam rangka konser Keseimbangan Bumi League Bumi Kita, namun laki-laki kelahiran 3 September 1961 ini enggan memikirkan sejauhmana keefektifan dirinya mengajak anak muda untuk memelihara kondisi alam dan lingkungan yang kini semakin memprihatinkan. Begitu dikatakannya di IKJ, Jumat (27/8) malam.

"Saya nggak tahu dan nggak mau mikirin itu. Yang jelas saya ajak semangat teman-teman untuk tanam pohon karena ini masa depan dunia. Memang sulit untuk tularkan semangat menanam, pun semangat memelihara juga nggak segampang tanam. Tapi bukan berarti tidak bergerak," katanya.

Beruntung, sambungnya, langkah mengajak menanam pohon dan menjaga lingkungan telah dijalankan pemerintah melalui program sejuta pohon beberapa waktu lalu. Sehingga dirinya hanya mengajak anak muda semampunya.

"Apalagi ditambah dengan gerakan yang dilakukan pemerintah dengan penanaman sejuta pohon. Bahwa ada program atau nggak ada, kita tetap butuh pohonan dan ini sudah terbukti terjadi bencana di sejumlah tempat seperti di Afganistan banjir, Afrika dan negara belahan dunia lain," terangnya.

"Sementara Koes Plus bilang lempar tongkat jadi tanaman. Lantas kenapa kita mesti diam? Orang asing dulu ambil rempah-rempah sama kita, kenapa kita tinggalkan? Padahal itu jati diri kita, kebetulan juga geografi juga kita di situ seperti panas dan hujan," urai Iwan panjang. (kpl/dis/boo)

Editor:  

Yunita Rachmawati