Jadi Mualaf, Deddy Corbuzier Sempat Bingung Masalah Baju dan Terjadi Adegan Lucu

Wulan Noviarina Anggraini | Sabtu, 22 Juni 2019 18:35 WIB
Jadi Mualaf, Deddy Corbuzier Sempat Bingung Masalah Baju dan Terjadi Adegan Lucu

Kapanlagi.com - Berasal dari keluarga multireligi, Deddy Corbuzier mengaku tak ingin mengubah hal lain selain iman dan kepercayaannya. Ia tak mau hubungannya dengan keluarga jadi berubah karena ia masuk Islam.

Hal itu sebenarnya sempat ia pikirkan sebelum memutuskan jadi mualaf. Namun penjelasan dari Gus Miftah membuat Deddy yakin bahwa ia tetap bisa menjalani hidup seperti biasanya.

"Saya ngobrol sama Gus (Miftah). 'Gus, ketika saya berubah menjadi seorang muslim, bisa nggak kalau saya tidak mengubah apapun itu selain kepercayaan dan iman saya'. Maksudnya gini, saya berasal dari keluarga multireligi. Keluarga saya ada yang Buddha, Katolik sampai ada yang Hindu. Nggak mungkin juga ketika saya pindah ke satu agama, lalu saya tiba-tiba nyuekin keluarga saya. Itu nggak boleh gitu kan," ujar Deddy.

"Nah, kalau menurut ajaran-ajaran yang baik ya, itu enggak ada masalah," lanjutnya.

1 dari 2 halaman

1. Soal Pakaian

Soal Pakaian © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Selain hubungannya dengan keluarga, Deddy Corbuzier ternyata juga sempat bingung dengan baju. Kepada Gus Miftah, Deddy mengaku tak punya baju muslim.

"Apa saya harus beli dulu? Tapi kata Gus Miftah tadi, 'Elu mau pakai apa saja terserah, yang penting nutup aurat," ujar ayah satu anak ini.

Keraguan Deddy soal baju ini pun kemudian disahut dengan canda oleh Ustaz Yusuf Mansyur. Kepada Deddy, Ustaz Yusuf justru menyarankan Deddy untuk jualan.

"Kalau nanya gua, gua malah suruh jualan. Bikin brand baru," sahutnya.

2 dari 2 halaman

2. Penjelasan Gus Miftah

Soal baju yang ditanyakan oleh Deddy, Gus Miftah menilai bahwa hal ini adalah sisi menarik dari muridnya itu. Karena Deddy sangat perfeksionis, hal kecil pun menarik perhatiannya.

"Saya bilang, Islam itu nggak ada formalitas. Enggak harus pakai kopiyah. Yang penting hatinya kan, yang penting keyakinannya. Dan hal-hal sepele seperti itu ternyata sangat dikritisi sama beliau. Jadi beliau ini saya lihat orangnya perfeksionis. Apa-apa harus sempurna, hal-hal sekecil apapun diperhatikan. Maka setiap komentar saya pasti dia perhatian termasuk ‘Gus saya harus pakai baju muslim', engga harus. ‘Apa saya harus pake kopiyah', enggak harus. Jadi seperti itu dan menurut dia (Deddy) ini menarik," terang Gus Miftah.

Deddy pun sudah mencoba memakai kopiah, dan momen lucu pun terjadi. "Cuman tadi yang lucu. Pada saat canda canda dan ngobrol, beliau bawa kopiyah terus kopiyahnya ditaro di kepala saya. ‘Wah ternyata penuh keringat' haha. Pas gue taro ‘Gus bukan masalah apa-apa, tapi keringet lo netes'," kenang Deddy.

(kpl/apt/phi)


↑