Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Sampai Hampir Utang, Ini Mahar Unik yang Diberikan Menantu Sujiwo Tejo

Louvina Gita   | Senin, 22 Juli 2019 13:49 WIB
Sampai Hampir Utang, Ini Mahar Unik yang Diberikan Menantu Sujiwo Tejo
Pernikahan anak Sujiwo Tejo. (credit: Instagram.com/president_jancukers)

Kapanlagi.com - Sujiwo Tejo melangsungkan pernikahan putrinya, Rembulan Randu Dahlia, Sabtu (20/7) lalu. Di hari bahagia itu, Sujiwo Tejo meminta jurnalis senior Karni Ilyas dan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD sebagai saksi nikah.

Usai menghadiri prosesi akad nikah Randu dan Haris, Mahfud lantas membuat unggahan di twitter miliknya. Ia mengucap syukur karena prosesi acara itu berjalan lancar.

"Alhamdulillah acara mantu mas @sudjiwotedjo dengan tajuk #meMinangMadura telah berjalan lancar dan sah menurut hukum agama dan hukum negara. Randu dan Haris sudah menjadi suami isteri. Tapi, di luar soal sah, ada saja yang unik kalau Tejo buat acara, meskipun acara itu tetap sakral," ujarnya.

twitter.com/mohmahfudmdtwitter.com/mohmahfudmd

1. Mahar Unik Hampir Disebut Hutang

Gambar

Menurut penuturan Mahfud MD, mahar yang diberikan Haris pada sang calon istri kala itu cukup unik. Lucunya, ia bahkan mengaku kalau Haris sempat akan menyebut mahar tersebut dibayar hutang akibat sulitnya mencari barang yang diminta ayah mertuanya.

"Uniknya, mahar yang harus diberikan oleh Haris kepada Randu, atas instruksi Mbah @sudjiwotedjo antara lain adalah Baju Semar. Kabarnya, Haris sempat mau menyebut "mahar Semar" tersebut bukan dibayar tunai tapi "dihutang" sebab tak mudah mencarinya. Untung ada penjahit yang bisa membuat dengan cepat," ungkap Mahfud.

2. Sujiwo Tejo Ingin Jelaskan Filosofi

Gambar

Tak berhenti di situ, kejadian lain yang juga nggak kalah menarik adalah saat Sujiwo Tejo ingin menambahkan penjelasan soal filosofi Baju Semar saat dirinya mengucapkan akad.

"Saat mengucapkan lafadz aqad nikah @sudjiwotedjo ingin menambah kalimat untuk menjelaskan filosofi Baju Semar sebagai mahar itu tapi dilarang oleh Pak Penghulu. "Jelaskan nanti saja setelah aqad nikah" kata Pak Penghulu. Tak boleh, toh? Dasar Tejo," ceritanya.

3. Akhirnya Sujiwo Tejo Menangis

Gambar

Meski banyak momen yang mengundang tawa, nyatanya Sujiwo Tejo tidak bisa menahan air matanya kala sang putri meminta restu. Mahfud pun juga menceritakan jika rekannya itu mengaku hanya Randu dan sang istri yang bisa menasihatinya.

"Saat mengucap lafadz ijab qabul @sudjiwotedjo tegas dan lancar tapi dia menangis saat menjawab permohonan izin puterinya, Randu, untuk dinikahkan dengan Haris. "Sehari-hari yang bs memarahi saya hanya anak wadonku Randu dan isteriku Rosana", kata Presiden Jancuker ini. Selamat, Mbah," tutup Mahfud MD.

Editor:   Louvina Gita