Jajang C Noer: Islam Harus Mengayomi Yang Minoritas

Darmadi Sasongko | 17 September 2010, 16:01 WIB
Jajang C Noer: Islam Harus Mengayomi Yang Minoritas
Kapanlagi.com - Bintang akting Jajang C Noer berharap umat Islam di Indonesia bisa melindungi umat yang lain, yang lebih minoritas. Apalagi pada dasarnya kehidupan beragama tidak sedikitpun mengajarkan kekerasan, sehingga kasus semacam kekerasan HKBP tidak akan terjadi kembali.

"Kita ini beragama ya. Beragama itu harus baik dan tidak ada kekerasan. Kita ini betul sama dari Abraham atau Ibrahim. Sekitar 93% mayoritas Islam. Justru kita (umat Islam) yang mengayomi, justru kita juga mengayomi yang minoritas. Musti kita rangkul. Justru memperbolehkan bangun gereja, kuil," ungkap Jajang C Noer saat ditemui di Kawasan Cilincing Jakarta Utara, Kamis (16/09/2010).

"Karena kita kan PD dengan agama kita, jadi biarlah, mau 1000 gereja, mau 1000 kuil di sekitar saya. Saya tetap seorang hajjah yang Islam," tegasnya menambahkan.

Soal toleransi Jajang pun mengajak belajar pada Proklamator, Ir. Soekarno, yang memutuskan membangun masjid dan gereja secara berdampingan.

"Contoh Bung Karno, beliau membangun masjid Istiqlal persis di depan Katedral, apa artinya? Kita harus harmonis. Harus satu," tegasnya.

Meski kasus kekerasan ini bukan tergolong sebagai kasus antar umat beragama, beberapa kalangan menyesalkan tindakan main hakim oleh sejumlah massa yang belakangan diidentifikasi sebagai anggota ormas Front Pembela Islam (FPI). Kekerasan ini pun dipicu oleh kasus pendirian rumah ibadah.

Polisi pun telah menetapkan Ketua Dewan Pengurus Wilayah Front Pembela Islam (DPW FPI) Bekasi, sebagai tersangka dengan tuduhan berusaha memprovokasi untuk melakukan penusukan dua jemaat Huria Kristen Protestan Batak (HKBP). (kpl/buj/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko