Jalani Persalinan di Rumah, Kartika Putri Khawatir Pilihannya Ditiru Masyarakat

Rezka Aulia | Selasa, 22 Oktober 2019 08:27 WIB
Jalani Persalinan di Rumah, Kartika Putri Khawatir Pilihannya Ditiru Masyarakat

Kapanlagi.com - Jumat siang pekan lalu (18/10/2019) Kartika Putri melahirkan anak pertama buah cintanya dengan Habib Usman Bin Yahya. Berbeda dengan ibu hamil kebanyakan, ia memilih jalani persalinan di rumah dengan bantuan tenaga medis serta perlengkapan yang mumpuni.

"Perasaan aku campur aduk; senang, haru, bersyukur diberi kepercayaan sama Allah untuk hamil, lalu melahirkan, diberi kemudahan dengan pemikiran aku yang absurd banget, aneh banget buat orang lain untuk lahiran di rumah. Tapi semuanya aku persiapin: kondisi aku oke, kondisi baby-nya juga oke, bidannya ada lima dengan perlengkapan yang memadai," kata Kartika Putri saat menggelar jumpa pers di kediamannya, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019)

Meski tergolong nekat, namun Kartika telah menyiapkan beberapa hal agar semua prosesnya berjalan lancar. "Nggak gampang juga, pasti ada risikonya, banyak orang medis bilang risiko besar. Tapi aku nggak mungkin ambil risiko untuk anak aku dan diri aku sendiri kalau keputusan ini nggak didukung oleh beberapa faktor," imbuhnya.

1 dari 2 halaman

1. Takut Ditiru

Sebagai public figure, Kartika Putri sadar pilihannya dalam melahirkan sang anak bakal menuai pro dan kontra. Ia hanya berpesan agar pilihannya tak ditiru masyarakat bila tanpa persiapan matang.

"Aku sempet kepikiran gimana ya kalau orang-orang pada ikut lahiran di rumah? Kalau aku kan sudah ready banget, check baby-nya sehat, ahli medis juga mantep. Takutnya malah menginspirasi orang lain. Don't try this at home ya," tegas artis berusia 28 tahun tersebut.

2 dari 2 halaman

2. Bikin Orangtua Khawatir

Bikin Orangtua Khawatir © KapanLagi.com/Budy Santoso
Selesai jalani persalinan di rumah, Kartika Putri dan sang suami langsung membawa anak mereka yang diberi nama Syarifah Khalisa Aghniya Bahira ke rumah sakit. Hal itu dilakukan demi menenangkan orangtua yang khawatir karena pilihan melahirkan Kartika.

"Begitu orangtua datang ke rumah, langsung tuh dimarahi 'Gimana ini kalian berdua lahiran malah kayak main-main'. Akhirnya anak dibawa ke dokter dan alhamdulilah nggak kenapa-napa. Semua orang juga panik tapi yang dimarahi Habib sih. Aku jawab aja, 'Iya Ma biar lahirannya lebih murah' ha ha ha," tutupnya seraya tertawa.

 

 

(kpl/abs/rna)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑