Jam Tidur Selebriti: Ada yang Berantakan dan Bisa Tidur 8 Jam Itu Langka

Rahmi Safitri | Senin, 24 September 2018 15:01 WIB
Jam Tidur Selebriti: Ada yang Berantakan dan Bisa Tidur 8 Jam Itu Langka

Kapanlagi.com - Tidur itu adalah kebutuhan hidup. Tapi sayangnya kadang banyak orang yang nggak punya waktu buat tidur karena kesibukan. Sayangnya sih nggak semua orang bisa tidur dengan mudah. Entah itu karena gangguan kesehatan seperti insomnia atau karena nggak punya waktu. Mungkin ada yang berpikir: 'Masa sih ada orang yang nggak punya waktu buat tidur?'. Jawaban untuk pertanyaan itu adalah, banyak. Selebritis salah satunya. Tahu sendiri kan mereka kadang bisa syuting sampai seharian atau harus ke beberapa kota untuk perform. Jadi nggak heran kadang mereka punya jam istirahat kurang dari 8 jam (sesuai yang disarankan oleh dokter), yang ternyata nggak baik buat kesehatan lho.

Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang dibutuhkan oleh tiap orang itu berbeda-beda tergantung dalam golongan usianya. Untuk bayi hingga balita diperlukan tidur antara 10 - 18 jam. Anak-anak sampai remaja harusnya tidur antara 8,5 - 9,5 jam. Sedangkan orang dewasa rentang waktu yang direkomendasikan antara 7 - 9 jam. Tidur yang cukup dan berkualitas itu bukan saja membuat kita lebih sehat tapi juga menurunkan stress dan meningkatkan mood, menjaga berat badan, meningkatkan kemampuan atletis dan membuat kita menjadi lebih fokus serta mudah dalam menerima informasi baru.

Dari sini kita bisa melihat kalau tiap orang itu butuh tidur tapi dengan durasi yang berbeda-beda. Sayangnya sih jam tidur tiap orang itu kini tergantung keadaan ya seperti yang itu tadi bisa karena kesibukan ataupun gaya hidup.

Ngomong-ngomong, pernah nggak sih penasaran berapa jam tidur selebritis? Apalagi mereka yang sibuk dengan syuting striping atau nge-MC dari satu acara ke acara lain? Untuk mencari tahu, KapanLagi.com pun mencoba mewawancarai beberapa pesohor Tanah Air soal pola tidur mereka. Setelah mengetahui berapa jam rata-rata mereka tidur dalam sehari kita kaitkan dengan kualitas kesehatan mereka. Karena selain ditanya soal jam tidur, para selebritis ini juga dikepoin tentang apakah mereka sering sakit atau tidak dalam setahun.

1 dari 9 halaman

1. Tidur Cukup Itu Mewah (Versi Aktor Film)

Tidur  Cukup Itu Mewah (Versi Aktor Film) © KapanLagi.com®
Endy Erfian, Laura Theux, Aurelie Moeremans, dan Luna Maya adalah aktor-aktris Indonesia yang tahun ini bisa disaksikan aksinya dalam film-film horor. Mereka kalau sedang syuting lalu promosi filmnya pasti bakal sibuk. Belum lagi aktivitas lainnya di luar yang butuh waktu. Lalu kapan biasanya mereka istirahat?

Endy Arfian dan Laura Theux mengaku tidur pukul 11 atau 12 malam. Laura termasuk early bird karena ia selalu bangun antara pukul 6 atau 7. Sedangkan Endy sendiri terbiasa bangun pukul 8 atau 9. Sementara Aurelie Moeremans punya jam tidur berbeda di kala dia sedang atau nggak ada syuting. Kalau sedang tidak ada kegiatan syuting dan promosi, dia bisa tidur antara 7 - 8 jam dalam sehari. Tapi kalau sedang sibuk-sibuknya, dia bisa tidur kurang dari empat jam dalam sehari. Untungnya Aurelie punya cara tersendiri nih untuk mengatasi kekurangan tidur. Selain menolak mengerjakan dua project akting sekaligus, kekasih penyanyi Ello ini selalu menyempatkan tidur di mana saja kalau sedang break syuting.

"Aku dipanggil 'pelor' sekarang yang artinya nempel molor. Begitu ada break dan lagi ngerasa emang kurang istirahat pasti aku tidur di kursi aku sebisa mungkin. Aku bisa tidur di mana aja, kapan aja kalo kurang tidur dan menurut aku harus bisa gitu sih, apalagi kalo stripping. Kalo nggak sih, abis badan kita," ujar Aurelie.

Luna Maya yang tahun ini muncul di film horor SABRINA memang bukan cuma syuting saja aktivitasnya. Artis cantik asal Bali ini juga dikenal sebagai seorang pebisnis. Oleh karena itu dia mengaku rata-rata tidur lima jam dalam sehari. "Kalo lagi banyak 6,5 jam. Goal-nya pengen 8 jam sehari tapi susah. Jarang curi-curi tidur. Kalo di mobil biasanya bales email," kata Luna.

2 dari 9 halaman

2. Tidur Cukup Itu Mewah (Versi TV Personality)

Selanjutnya kita menuju jam tidur dari presenter yang wajahnya wara-wiri dari satu acara ke acara lainnya dalam sehari. Mereka adalah Uya Kuya, Wendy Cagur, Ruben Onsu, dan Nikita Mirzani yang ternyata beda banget nih soal jam tidur.

Ruben mengaku punya pola tidur yang berantakan. Bukan cuma disebabkan gara-gara pekerjaannya di dunia entertainment tapi juga karena rasa sayang kepada putri semata wayangnya, Thalia Putri Onsu. Suami Sarwendah ini mengaku tidur antara pukul 2 atau 2.30 pagi setiap harinya dan bangun tiga jam kemudian. "Saya harus bagi waktu. Soalnya saya ketemu anak saya cuma pagi. Jadi mau sengantuk-ngantuknya pagi, gua harus dan wajib nganterin anak sekolah, itu wajib. Karena itu pertemuan sama anak di jam enam sampe jam setengah delapan pagi. Jadi sengantuk-ngantuknya, setengah enam itu gua musti melek, udah siap," ceritanya.

Pola tidur berantakan juga dirasakan oleh Wendy Cagur. Wendy bilang dirinya baru pulang syuting pukul 2 pagi dan tidur biasanya setelah salat Subuh. Setelah itu Wendy bangun pukul 10 lanjut kerja lagi. Dia mengaku itu semua karena dirinya punya insomnia. Kalau Nikita Mirzani lebih tertata tidurnya. Dia bilang mulai tidur pukul 11 atau 12 dan bisa istirahat sampai 8 jam dalam sehari. Pola tidur Uya tak jauh beda dengan Nikita.

Beda lagi dengan Uya Kuya yang sudah tidur pukul 10 malam dan bangun untuk salat Subuh lalu lanjut lagi tidurnya. Hal yang sama juga dilakukan oleh Tara Budiman. Apalagi kalau sebelumnya dia lari, Tara bisa tidur pukul 9 malam.

3 dari 9 halaman

3. Tidur Cukup Itu Mewah (Versi Musisi dan Ibu Rumah Tangga)

Berikutnya kita simak gaya tidur penyanyi dan musisi. Kita lihat nih bagaimana tidur ala Iis Dahlia dan Dea Dahlila. Iis mengaku dia baru tidur pukul 3 pagi dan harus istirahat lebih dari lima jam agar tidak pusing serta tetap fresh. Dea Dalila juga mengaku dirinya harus minimal lima jam tidur. Kalau nggak begitu dia mengaku suka lemot sebagai musisi.

Sekarang kita cari tahu nih gaya tidur selebritis yang juga dikenal sebagai ibu-ibu sosialita. Mereka adalah Nindy dan Chacha Frederica. Chacha sih mengaku dia pukul 7 atau 8 malam sudah tidur karena mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.

Nindy ternyata nggak beda jauh nih dengan Chacha. Sebagai seorang ibu dia sangat memperhatikan pola tidur anak-anaknya, apalagi putra pertamanya sudah SD jadi dia tak mau mengajarkan begadang. Makanya nggak heran kalau Nindy jadi ikutan tidur kalau anaknya bobo. Sahabat Ashanty ini baru tidur agak larut kalau weekend.

4 dari 9 halaman

4. Deddy Corbuzier dan Ricky Subagja Bicara Jam Tidur

Hal berbeda disampaikan oleh Deddy Corbuzier yang nggak percaya kalau tidur yang baik itu minimal 8 jam. Bagi ayah satu anak ini yang penting itu bukan lamanya tapi kualitas tidurnya. Deddy yang mengisi hari-harinya dengan latihan ini sangat mementingkan yang namanya deep sleep. Untuk mengetahui deep sleep-nya setiap malam ia membeli tracker khusus.

"Jadi tidur bisa dihitung. Kemarin saya hanya tidur 4 jam, tapi kalau dapat deep sleep 2 jam ini sudah cukup. Jadi artinya manusia itu deep sleep tidak boleh kurang dari 1 jam. Jadi kalau saya dapat deep-nya 2 jam walaupun tidurnya 5 jam, saya segar pasti, sudah cukup. Tapi bisa juga saya tidur nggak dapat deepnya. Saya pernah tidur 8 jam tapi deep saya cuma 40 menit. Kenapa? Saya capek, banyak kerjaan, ada pikiran waktu itu lagi mau show RCTI contohnya. Jadi tidur kurang, walaupun tidur saya lama. Tapi saya bisa tidur 5 jam tapi deepnya dua kali lipat daripada tidur saya yang 9 jam. Ini kan pakar dokter dan sebagainya yang menjelaskannya sulit. Makanya kenapa saya pakai tracker dan tracker itu murah harganya. Ada yang 700 ribu, 500 ribu. Dia bisa ngitung deep-nya tidur. Jadi ketika saya bangun, sudah kerasa nih kalau saya lihat badan gue nggak enak buat latihan, begitu gue lihat wah deep gue cuma setengah jam. Walaupun tidurnya lama, nah di situ saya kadang-kadang off latihan. Gue istirahatnya nggak cukup, dipaksain pasti sakit. Tapi kayak hari ini tidur saya 5 jam tapi deep saya 2 jam lebih. Mau latihan berapa lama juga ayo," jelas Deddy soal deep sleep.

Terakhir ada mantan atlet bulutangkis andalan Indonesia yang kini aktif di panggung politik, Ricky Subagja. Peraih emas ganda putra Olimpiade Atlanta 1996 mengaku tidur kurang dari delapan jam setiap harinya. Rata-rata ia tidur pukul 12 malam dan selalu bangun pagi.

5 dari 9 halaman

5. Dengan Kesibukannya, Apakah Seleb Sempat Istirahat?

Dengan Kesibukannya, Apakah Seleb Sempat Istirahat? © KapanLagi.com®
Istirahat bukan hanya dalam bentuk tidur pastinya. Oleh karena itu dalam seminggu kadang seseorang butuh sehari atau dua hari untuk tidak bekerja atau sekolah yang biasanya jatuh pada saat akhir pekan. Tapi ternyata liburan dalam waktu seminggu itu kadang sulit kalau sudah menyangkut selebritis yang jadwalnya tidak tentu dan tergantung pada project yang sedang mereka lakukan.

Setelah sebelumnya ditanya soal lama tidur tiap harinya, Deddy Corbuzier dkk pun juga di-kepo-in nih berapa hari dalam seminggu mereka bisa istirahat. Endy Arfian dan Laura Theux mengaku libur mereka dalam seminggu itu sama sekali nggak menantu karena tergantung proses syuting dan promo film yang sedang dilakukan. Luna Maya mengaku biasanya libur dua hari tiap weekend, tapi kadang nih di hari Sabtu-nya suka diisi dengan kerja juga. Soalnya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Luna bukan cuma sibuk sebagai bintang film, dia juga beberapa bisnis yang tentunya membuatnya lebih mobile.
Uya Kuya dan Nikita Mirzani lebih percaya diri nih saat ditanya soal liburan mereka. "Yang libur nggak ada kerjanya sehari paling," kata Uya dengan pasti. Sedangkan Nikita langsung dengan tegas mengatakan kalau seminggu dia bisa istirahat tanpa kerja selama dua hari.

Sedangkan Ricky Subagja yang mantan atlet, mengaku aktivitasnya memang tidak banyak. Kalau tidak sibuk di PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia), dia akan menggunakan waktu luangnya untuk liburan. Ya biarpun nggak ke mana-mana, bagi Ricky, cukup mendengar musik di rumah saja sudah membuatnya senang lho. Ada yang gini juga nggak?

Kalau Nindy sih beda lagi. Selain beraktivitas sebagai selebritis, ia benar-benar sangat mementingkan keluarga, apalagi kini sudah punya dua anak. Buat Nindy anak memang segalanya, jadi tiap Senin - Jumat dia enggan untuk punya aktivitas karena sibuk mengurus buah hati dan antar jemput sekolah. Pelantun Buktikan ini memang kadang kerja 2 - 3 hari dalam seminggu tapi itu semua bisa kurang kalau ada aktivitas lain seperti rekaman dan workshop.

Membatasi kegiatan di dunia entertainment juga dilakukan oleh Deddy Corbuzier. Saat ini dia cuma mau tampil untuk acara Hitam Putih yang syutingnya dalam sehari maksimal 5 jam. Yang pasti tiap Sabtu dan Minggu, Deddy libur dan tak mau diganggu pada waktu tersebut. Alasannya membatasi pekerjaan selain ingin punya banyak waktu untuk Azka sang putra, juga menurutnya nggak masuk akal jika ada artis yang kebanyakan kerja bisa tetap ceria.

6 dari 9 halaman

6. Sakit Tak Bisa Dihindari

Kesehatan itu mahal. Karena biarpun punya banyak uang tapi kalau nggak sehat ya buat apa? Nah setelah tahu jam tidur dan hari libur beberapa selebritis Tanah Air (ada yang teratur, ada juga yang nggak), kira-kira itu berpengaruh nggak sih dengan kesehatan mereka? Berapa kali dalam setahun mereka pernah merasakan sakit? Ya memang sih penyakit bukan cuma datang karena kurang istirahat saja, tapi itu kan juga bisa jadi penyebab.

Saat ditanya seberapa sering sih mereka sakit, untungnya nih, kebanyakan bilang mereka termasuk jarang sakit. Kalaupun drop itu paling cuma meriang dan flu. Jawaban ini diberikan oleh Ricky Subagja, Uya Kuya, Aurelie Moeremans, dan Luna Maya. Tapi Luna pernah sih bilang dia sempat dirawat gara-gara tipus, tapi itu dulu saat sedang sibuk-sibuknya.

Endy Arfian, Laura Theux dan Nikita Mirzani malah bikin hepi nih pas ditanya setahun sakit berapa kali. Endy bilang tahun ini nggak sakit, tapi dulu sering pas dia masih sibuk main sinetron. Laura juga sampai lupa tuh kapan dia sakit. Nikita malah lebih hebat lagi nih. Ibu dua anak ini menyatakan kalau dirinya susah sakit. Wonder Woman banget.

Cerita berbeda disampaikan oleh Nindy. Ia bilang kadang dalam setahun bisa drop sampai lima kali kondisi tubuhnya. Ini semua gara-gara dia punya amandel, jadi kalau pola makan nggak dijaga efeknya pada kesehatan tubuh.

Wendy Cagur baru-baru ini sempat sakit yang membuatnya harus mendapat perawatan. Dia bilang sih sakitnya bukan cuma karena banyak kerjaan, tapi juga gara-gara sempat stres akibat ada gempa saat sedang berada di Bali.

Kualitas kesehatan para selebriti memang tak bisa diukur hanya dari jam tidur dan juga waktu istirahat mereka. Tapi semakin punya tidur dan liburan yang berkualitas, maka kesempatan untuk sehat itu juga bisa semakin meningkat. Setuju kan?

Dari Endy Arfian sampai Wendy Cagur bisa disimpulkan soal pola tidur mereka. Endy, Laura, Uya, Nikita, Aurelie, Iis, Tara, dan Luna punya waktu tidur minimal lima jam. Saat ditanya soal sakit pun mereka bilang jarang, kebanyakan cuma flu dan meriang.

Ricky punya kebiasaan tidur malam dan selalu bangun pagi. Tapi dia mengaku sakit paling cuma flu dan sejenisnya. Ini mungkin ada pengaruh karena dia tak punya banyak aktivitas serta sering menghabiskan waktunya untuk liburan dan mendengarkan musik, kegiatan yang disukainya.

Wendy ternyata memiliki insomnia dan nggak bisa jika mengalami stres. Selain banyak pekerjaan, dia juga biasanya baru tidur saat subuh. Beberapa waktu lalu dia sempat jatuh sakit karena banyak pekerjaan dan stres.

7 dari 9 halaman

7. Kesehatan Mental Ala Deddy Corbuzier

Kalau Deddy memang punya aktivitas tidur yang unik karena baginya yang penting bukan lamanya tapi kualitasnya. Deddy juga menjelaskan tentang deep sleep yang harus dimiliki tiap orang kala terlelap, minimal satu jam. Ayah satu anak ini juga pernah terserang flu tapi selalu cepat sembuh.

Deddy juga menjelaskan salah satu faktor bagi kesehatan itu adalah mental, terutama bagi orang Indonesia yang sudah kecanduan media sosial. Baginya orang yang mentalnya nggak sehat itu tidak punya tujuan hidup. Sakit mental itu terjadi karena hal-hal di kehidupan sehari-hari seperti suka nyinyir, pasangan yang suka bertengkar, sampai ribut soal presiden. Oleh karena itu Deddy punya tips nih biar nggak sakit mental.

"Lebih bijak ketika menggunakan, melihat, membaca sosial media. Banyak loh sekarang misal KapanLagi berita nih, berita juga banyak yang perlu dilihat, banyak yang nggak perlu dilihat. Berita yang perlu dilihat misalnya ya tips kesehatan. Nah itu bagus untuk dilihat. Tapi kalau si A ketahuan selingkuh sama ini dipergoki, itu ngapain dilihat. Tapi ya gue tahu sebagai media itu yang hot," jelas Deddy.

Intinya sih kata Deddy, harus bisa memilih mana yang baik dan bisa ditiru. Selain itu, seseorang harus bisa punya karya agar bisa dihargai oleh orang lain, bukan hanya sekedar ikut-ikutan tren.

8 dari 9 halaman

8. Apa Kata Dokter?

Apa Kata Dokter? © KapanLagi.com®
Dari pernyataan beberapa selebritis, kebanyakan mereka memiliki jam tidur kurang dari 7 jam. Meski mereka mengaku jarang sakit, tapi sudahkah cukup waktu yang mereka gunakan untuk tidur itu? Kalo kata Dokter Andreas Prasadja yang punya sertifikasi dalam studi soal tidur, ternyata 7 jam waktu tidur untuk manusia dewasa itu sudah tergolong minim lho.

Pak dokter ini bilang salah banget kalau ada yang bilang banyak tidur itu malas. Malah katanya tidur yang sehat (7-9 jam untuk orang dewasa) itu adalah langkah cerdas untuk meningkatkan produktivitas dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk kesehatan di masa depan.

"Karena hanya pada saat tidur dibangun kemampuan otak, daya tahan tubuh, stabilitas metabolisme, kerja jantung, peredaran darah dll dibangun. Tidur dapat melindungi diri dari penyakit-penyakit seperti flu dan daya tahan. Daya tahan ini tubuh juga untuk melawan sel-sel kanker. Belum lagi risiko-risiko terhadap penyakit cardio vaskuler. Kurang tidur dari 7 jam sudah pasti meningkatkan risiko tersebut. Satu satunya yang menopang produktivitas kita adalah kesehatan tidur," kata Dokter Andreas.

Seperti pernyataan yang diutarakan oleh Deddy Corbuzier sebelumnya, yang penting itu kualitas bukan lamanya kita tidur. Tapi ternyata Dokter Andreas punya pendapat yang sedikit berbeda.

"Ada yang bilang kualitas tidur itu lebih penting dari durasi tidur. Tidak. Semua sama pentingnya. Dari mana mitos itu berasal, 1 siklus tidur, ringan-sedang-dalam-sedang kemudian tahap tidur mimpi di malam hari baru tercapai setelah 2 jam," jelasnya.

Sebagai selebritis ada kalanya mereka tidur kurang dari 7 jam bahkan ada yang sampai dalam sehari tidak tidur. Ternyata itu juga bukan hal bagus dan bisa mengakibatkan hal fatal seperti studi kasus yang diceritakan oleh Dokter Andreas.

"Umur pendek. Contohnya, pada penelitian di Inggris, wanita yang sehat, langsing, dietnya terjaga, olahraga teratur, yang tidurnya kurang dari 7 jam, memiliki risiko kanker payudara hingga 47 persen. Akibat dari gangguan tidur adalah obesitas, metabolismenya terganggu. Kita tahu, orang gemuk resiko penyakitnya banyak, kanker, kegemukan, penyakit jantung, diabetes, gangguan ereksi," ceritanya.

9 dari 9 halaman

9. Pesan Dari Dokter

Ngeri kan? Bukan cuma itu saja. Dokter Andreas juga bilang kalau wanita memang lebih tahan ngantuk daripada pria yang bahkan beliau sendiri pun bingung kenapa hal tersebut bisa terjadi. Kurang tidur pada pria gejalanya kantuk berlebihan adalah menguap-nguap, kalau pada wanita pada jam-jam tertentu konsentrasi & moodnya terganggu. Kemudian sakit kepala yang hebat pada jam-jam tertentu. Kalau pada wanita yang berbahaya pada masa kehamilan. Sleep apnea pada masa kehamilan bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan janin dan prematuritas.

Lalu bagaimana sih agar tahu kalau seseorang sudah punya tidur yang sehat? "Bangun tanpa perlu alarm, konsumsi kafein tidak berlebihan, konsumsi minuman berenergi juga. Kalau hanya sekedar berangkat ke kantor perlu minum kopi, sepanjang bekerja perlu kafein-kafein lagi, pasti ada yang salah dengan kesehatan tidurmu," kata Pak Dokter.

Kita tak bisa memungkiri kalau sebuah pekerjaan itu sangat mempengaruhi jam tidur seseorang, bukan cuma selebritis saja. Ada kalanya seseorang bekerja pada malam hari karena itu shiftnya. Begitu juga yang jadwalnya sangat padat.

"Kalau merasa baru bisa tidur jam 1 nggak masalah, asal teratur. Tapi bangunnya tentu lebih siang. Jangan pagi hari, jangan paksakan. Untuk pekerja shift harus ada aturannya. Lingkungannya harus dijaga, pencahayaan, jadwal harus diatur.Untuk tidur ada 2 hal yang diperhatikan. Setiap jam kurang tidur jadi utang tidur. Otomatis kalau orang kurang tidur akan semakin mengantuk. Ada jam biologi, menentukan jam-jam kita ngantuk dan penuh vitalitas," saran Dokter Andreas soal yang dapat shift malam.

Sedangkan untuk yang punya jadwal padat setiap harinya, Dokter Andreas meminta untuk mulai memprioritaskan kesehatan tidur agar tidak pusing dan tetap bisa fokus. Dokter mengingatkan bukan cuma kurang vitamin saja, tidur yang kurang juga berpengaruh bagi kesehatan. Beliau mengingatkan kalau tidak ada zat apapun yang bisa menggantikan efek bagus dari tidur. Suplemen atau kafein hanya membantu untuk melek tapi otak dan tubuh yang sudah lelah tidak akan terbantukan. Oleh karena itu ini tips tidur sehat dari Dokter Andreas.

"Tidur yang paling baik, suhu sejuk. Kedua dalam kondisi gelap (pencahayaan secukupnya), jadwal teratur, jam yang sama. Targetkan paling tidak tidur 8 jam setiap malam dan buat suasana senyaman mungkin (termasuk posisi). Kemudian rileksasi sebelum tidur, makan secukupnya, atur kafein 12 jam sebelum tidur, atur olahraga 3 jam sebelum tidur. Walaupun tidur di pagi hari tetap usahakan dalam keadaan gelap atau gunakan masker, dengan itu kualitas tidur akan lebih baik,” pungkas Dokter Andreas.

Mau artis ataupun bukan, tidur minimal 8 jam untuk orang dewasa itu penting. Mungkin sekarang kita nggak merasakan efeknya, tapi di masa depan hal tersebut bisa menganggu kesehatan bahkan umur pendek.

Jadi ayo tidur sehat mulai sekarang! :)

(kpl/pit)


Editor:  

Rahmi Safitri

↑