Jane Fonda Sesali Kunjungannya ke Vietnam

Darmadi Sasongko | 01 April 2005, 22:15 WIB
Kapanlagi.com - Jane Fonda menyesali kunjungannya ke sebuah situs senjata di Vietnam Utara tahun 1972. Aktris dan guru fitness itu mengungkapkan hal tersebut saat diwawancarai dalam program televisi CBS bertajuk '60 menit' yang bakal disiarkan hari Minggu (3/4) mendatang.

Fonda pada waktu itu berkeras mengunjungi Vietnam, yang memberinya nama panggilan kesayangan 'Hanoi Jane'. Tetapi kini ia mengatakan kunjungannya di situs senjata anti-serangan udara yang pernah menembak jatuh sejumlah pesawat tempur Amerika Serikat merupakan penghianatan.

"Gambar Jane Fonda (Barbarella), putri Henry Fonda, sedang duduk di sebuah perangkat senjata anti-serangan udara adalah penghianatan," kata sang aktris, yang mengenang aksinya itu sebagai ketidakbijaksanaan terbesar yang pernah dapat saya bayangkan."

Namun demikian, Jane Fonda mengaku tidak menyesal dapat berfoto bersama sejumlah tentara Amerika yang ditawan. "Ada ratusan delegasi Amerika yang telah bertemu para tawanan," katanya.

Ia menambahkan, "Kedua pihak (Amerika maupun Vietnam) sama menggunakan para tawanan perang untuk propaganda. Itu sesuatu yang tidak bisa saya maafkan."

Setelah tiga dekade berlalu, Vietnam masih dijadikan bahan isu oleh Amerika. Saat kampanye pemilu tahun lalu, pendukung Partai Republik menyindir Senator John Kerry dengan panggilan 'Hanoi John', setelah, pesaing Bush dari Partai Demokrat itu memrotes Perang Vietnam, padahal ia dahulu juga terlibat peperangan dan menerima lima medali penghargaan dari tugasnya di medan pertempuran. (*/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko