Jelang 17 Agustus, Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibukota RI ke Pulau Kalimantan

Wulan Noviarina Anggraini | Jum'at, 16 Agustus 2019 17:38 WIB
Jelang 17 Agustus, Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibukota RI ke Pulau Kalimantan

Kapanlagi.com - Menjelang hari kemerdekaan Indonesia yang akan jatuh besok, Sabtu (17/8) Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Ibukota negara ini akan pindah ke Kalimantan. Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi dalam Sidang Paripurna DPR dan DPD RI yang berlangsung di Gedung DPR/MPR Senayan hari ini, Jumat (16/8).

Memakai baju adat Sasak, Jokowi menyampaikan pidatonya di atas mimbar. Kepada seluruh anggota DPR dan DPD serta masyarakat Indonesia, Presiden terpilih Indonesia periode 2019 - 2024 ini meminta izin untuk memindahkan Ibukota.

"Saudara sebangsa dan setanah air yang saya banggakan. Pada kesempatan yang bersejarah ini, dengan memohon ridho Allah SWT. Dengan meminta izin dan dukungan Bapak ibu anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia. Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan Ibu Kota negara kita ke Pulau Kalimantan," ujar Jokowi dalam pidatonya.

1 dari 2 halaman

1. Pemerataan Ekonomi

Pemerataan Ekonomi © vidio.com
Pemerataan ekonomi menjadi alasan Jokowi memilih untuk memindahkan Ibukota ke Kalimantan. Ia pun berharap dengan pemindahan ini, tujuannya untuk memajukan Indonesia bisa terlaksana.

"Ibukota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. Demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya," ujar Jokowi seperti dilansir dari vidio.com.

2 dari 2 halaman

2. Belum Umumkan Lokasi Tepat

Isu pemindahan Ibukota Indonesia ini sudah ramai diperbincangkan sejak beberapa bulan lalu. Pada bulan Juli, Jokowi berjanji untuk mengumumkan pemindahan Ibukota ini pada Agustus.

Kini, menjelang peringatan kemerdekaan RI, Jokowi menepati janjinya. Namun ia masih belum memberikan detail, ke mana tepatnya Ibukota akan pindah.

Berbagai spekulasi pun bertebaran mengenai lokasi baru Ibukota ini. KLovers bisa menebak kira-kira bakal dipindah ke mana?

(kpl/phi)


↑