Jenazah Yon Koeswoyo Dimakamkan Satu Liang Lahat Dengan Tonny

Ahmat Effendi | 06 Januari 2018, 13:15 WIB
Jenazah Yon Koeswoyo Dimakamkan Satu Liang Lahat Dengan Tonny

Kapanlagi.com - Satu hari setelah meninggal dunia, akhirnya almarhum Yon Koeswoyo dimakamkan di TPU Tanah Kusir. Yang menyita perhatian banyak orang karena ternyata vokalis tersebut dimakamkan di satu liang lahat dengan sang kakak yaitu Tonny Koeswoyo.

"Iya (dimakamkan di satu liang lahat dengan kakak). Keinginan keluarga dan dia. Pokoknya Papa nggak mau jauh dari keluarga besar. Kita di sini ada Opa, Mama Papanya Papa, Om Tonny, beberapa keponakan juga, pokoknya semua kumpul di sini," ujar David Koeswoyo di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, usai pemakaman, Sabtu (6/1/2018).

Dulunya Tonny dikenal sebagai leader dari Koes Plus dan gitaris dari band tersebut. Yon sebagai vokalis merupakan satu-satunya anggota keluarga Koeswoyo yang terus mengikuti jejak Tonny ketika bersikeras melanjutkan karir bermusik di masa-masa sulit.

Yon Koeswoyo dimakamkan di satu liang lahat dengan sang kakak. Cr: KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaYon Koeswoyo dimakamkan di satu liang lahat dengan sang kakak. Cr: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Sempat ngobrol-ngobrol: 'Gimana Pa kalau dimakamin ke tempat lain?' dia bilang: 'Nggak mau, sendirian dong'. Saya bercandain: 'Kan banyak temennya, Pa?' dia tetap nggak mau: 'Kan gue nggak kenal. Karena Tanah Kusir ini banyak keluarga'," katanya.

Almarhum Tonny Koeswoyo sendiri telah meninggal sejak 27 Maret 1987 silam karena sakit kanker usus. Sebagai adik, Yon Koeswoyo begitu menghormati abangnya. Ia menganggap Tonny sebagai seorang yang luar biasa.

"Ya namanya kakak beradik, luar biasa kedekatannya. Papa pernah bilang 'Om mu Tonny leader yang luar biasa karena dia bisa nge-direct adik-adiknya dari yang tidak bisa apa-apa dalam bermusik sampai akhirnya mampu. Bisa buat lagu, buat musik, bernyanyi dengan benar, itu karena Om mu'," tandasnya.

(kpl/abs/sjw)

Reporter:  

Adi Abbas Nugroho