Jika Menikah Lagi, Suami Kristina Bisa Dipenjara

Erlin  | 01 Mei 2009, 09:10 WIB
Kapanlagi.com - Suami pedangdut Kristina Iswandari, Al Amin Nasution, dikabarkan akan menikah lagi. Gosip pernikahan mantan anggota DPR yang kini sedang berada di penjara itu akan dilakukan dengan mantan sekretarisnya Annisa. Padahal, Amin belum resmi bercerai dengan istrinya. Jika resmi dilakukan, maka Amin bisa dipidanakan.

"Ada sesuatu yang dilanggar. Yakni Undang-undang pernikahan. Jika salah satu di antara mereka menikah, maka berdasarkan delik aduan maka bisa dipidanakan. Jadi tidak boleh begitu saja menikah tanpa adanya surat keputusan," kata Harum Rendeng, juru bicara Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (30/4).

Namun, pernikahan bisa saja terjadi jika Amin mendapatkan izin dari Kristina. Hal itu diperkenankan karena bisa dikatakan sebagai poligami. "Tapi harus ada izin ya, nah kalau perempuan tidak bisa. Dia harus bercerai dulu dan tidak bisa poliandri. Nanti kalau hamil, bingung anaknya siapa," ujarnya.

Status hubungan Kristina dan Al Amin sendiri memang masih berstatus suami dan istri. Selama belum ada kekuatan hukum yang tepat, maka keduanya belum bisa dibilang bercerai.

"Kasusnya sendiri baru masuk di Pengadilan Tinggi Agama. Belum ada ketetapan hukum tetapnya. Kalaupun keluar lalu ada yang tidak puas, maka bisa diajukan ke Mahkamah Agung dan belum berkekuatan hukum juga," pungkasnya.   (kpl/mai/erl)

Editor:  

Erlin