Joy Tobing Gugat BMG

Erlin | 01 April 2005, 12:26 WIB
Kapanlagi.com - Jalan terjal dan berliku untuk menjadi seorang penyanyi ternama, memang dirasakan betul oleh juara Indonesia Idol, Joy Destiny Tobing. Baru saja berdamai dengan manajemen artis Indomugi Pratama (IP), Joy kembali ditimpa masalah. Kali ini ia memutuskan kontrak dengan perusahaan rekaman BMG yang merilis album solonya, Karena Cinta.

Tidak cukup dengan memutuskan kontrak secara sepihak, lebih jauh lagi, Joy juga melayangkan gugatan pada BMG. Menurut pengacaranya, Hotman Paris Hutapea, SH., BMG tidak memenuhi satupun kewajiban Joy sebagai seorang penyanyi. "Sampai detik ini, klien kami belum mendapatkan laporan penjualan album ataupun pembayaran royalti yang merupakan hak Joy," ujar Hotman.

Dalam acara konfrensi pers yang digelar Kamis (31/3) kemarin, Hotman menjelaskan bahwa pihaknya telah berulang kali mengirimkan surat yang yang mempertanyakan hak yang semestinya harus diterima oleh kliennya. Namun, berulang kali dikirim, tidak mendapat tanggapan satu pun dari pihak BMG.

"Joy harusnya berhak atas royalti album Karena Cinta yang dirilis 24 September lalu. Royalti lain yang seharusnya ia dapat adalah lagu The Prayer yang dinyanyikan Joy di album Delon (runner-up Indonesian Idol 2004), serta Ringing Tone (nada sambung) lagu Karena Cinta. Satu-satunya `kompensasi` yang diterima klien kami adalah uang sebesar dua juta rupiah, saat awal rekaman," jelas pengacara kondang itu.

Belajar dari pengalaman buruk ini, Joy yang tengah merintis karir internasionalnya di Inggris, memutuskan untuk menjadi penyanyi yang fresh dan independen. "Saya akan mulai merintis karir sendiri sebagai penyanyi yang independen. Ya, banyak berdoa saja semoga semuanya lancar," harap Joy. (isb/erl)

Editor:  

Erlin