Kabar Duka, Ken Zuraida Istri Mendiang WS Rendra Meninggal Dunia

Tantri Dwi Rahmawati   | Senin, 09 Agustus 2021 10:36 WIB
Kabar Duka, Ken Zuraida Istri Mendiang WS Rendra Meninggal Dunia
Ken Zuraida (Credit: instagram.com/widyawatisoetego)

Kapanlagi.com - Kabar duka kembali menyelimuti dunia seni dan hiburan Tanah Air. Ken Zuraida, istri mendiang penyair kondang WS Rendra meninggal dunia. Hal itu diketahui dari pesan broadcast yang beredar di Whatsapp wartawan pada Senin (9/8).

"Telah meninggal dunia adik/kakak/ibu/eyang kami tercinta, Ibu Ken Zuraida binti Edi Suardi," begitu bunyi pesan tersebut.

Ken dinyatakan meninggal dunia pada Senin (9/8) pukul 8.57 WIB di Rumah Sakit Antam Medika. Tidak ada keterangan mengenai sakit yang diderita dalam pesan tersebut.

"Telah meninggal dunia adik/kakak/ibu/eyang kami tercinta, Ibu Ken Zuraida binti Edi Suardi WAFAT pada hari Senin, pukul 8:57 di RS Antam Medika. Mohon maaf atas segala kesalahan Almarhumah baik yang sengaja/tidak sengaja," lanjut pesan itu.

Saat ini, redaksi KapanLagi.com sedang berupaya mendapatkan informasi lebih lanjut pada pihak keluarga mendiang WS Rendra. Segenap redaksi KapanLagi.com turut berduka.

1. Berkarya Hingga Akhir Hayat

Ken meninggalkan duka mendalam di hati siapapun terutama para pecinta seni. Ia sendiri dikenal sebagai aktris, sutradara, dan produser teater. Ken juga diketahui aktif dalam Bengkel Teater Rendra sejak 1974 sampai akhir hayat.

Masih bisa diingat, WS Rendra meninggal pada 6 Agustus 2009 karena penyakit jantung koroner yang dideritanya. Sejak sang suami meninggal, Ken tetap berkarya. Setidaknya, pada 2012 ia menyutradarai pertunjukan naskah Mastodon dan Burung Kondor karya mendiang suami.

Pertunjukan itu berhasil pentas di tiga kota, yakni Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Setelah itu, tahun 2014 ia menyutradarai pertunjukan keliling naskah Kalung Mutiara Barzanji. Pertunjukan itu didukung oleh 98 santri dari 9 pesantren se-Babakan Ciwaringin Cirebon.

Pada tahun 2020 lalu, ia membintangi film pendek berjudul RIUH. Wanita kelahiran 15 Mei 1954 ini didapuk memerankan tokoh 'mbah' dalam film besutan Lola Amaria itu. Ken beradu akting dengan Ruth Marini, Putri Ayudya, hingga Gesata Stella.

Reporter:   Fikri Alfi Rosyadi