Kak Seto 'Nikahi' Dewi Hughes

Editor KapanLagi.com | 14 Juni 2006, 09:02 WIB
Kapanlagi.com - Berita-berita tentang pernikahan yang ditutupinya, ternyata tidak membuat presenter Desak Made Hughesia Dewi lupa akan karya-karyanya. Pasalnya, dalam waktu dekat ini, wanita asal Bali itu bakal 'dinikah' oleh Kak Seto. Hah? Tunggu dulu, pernikahan yang dimaksud adalah sekolah yang dimiliki oleh dirinya dan Kak Seto. Alhasil, Hughes dan Kak Seto kini memiliki sebuah Home Schooling.

"Sekolah ini adalah non formal. Berbeda dengan kebiasaan sekolah-sekolah lainnya, karena sekolah ini dilakukan di luar gedung. Jadi ada yang belajar di kebun, gunung. Dan yang membedakan sistem belajarnya dan tidak dipungut biaya," kata Kak Seto saat ditemui di Laguna Café, Hotel Hilton, Jakarta, tadi malam.

Diakui Kak Seto kalau sistem pembelajaran sekolah yang dibuatnya bersama Hughes ini adalah sangat berbeda. Baginya, rencana ini memang sudah dibuatnya sejak lama.

"Saya kebetulan banyak melihat di desa-desa terpencil, anak-anak yang tidak bisa sekolah. Karena faktor biaya, dan waktu yang tidak ada. Saya menyadari kalau anak-anak itu berhak mendapatkan pelajaran, bukan wajib belajar. Oleh karena itu, kita membuat suatu wadah dimana anak-anak bisa sekolah sambil belajar sesuatu yang berada di sekitarnya. Bisa saja nanti belajar sambil berjalan-jalan di pegunungan. Sambil mendapatkan pelajaran, jadi terlihat nyatanya," ujar lelaki berkaca mata ini.

Sementara itu, Dewi Hughes mengaku sangat mendukung apa yang dicanangkan oleh Kak Seto. Menurutnya, sedari kecil dirinya memang sudah terbiasa untuk belajar langsung dari alam sekitar. "Kalau Hughes sejak kecil memang lebih sering belajar sambil praktik. Berbeda memang dengan sekolah biasa. Tapi kan bisa langsung menyerap ilmunya," paparnya.

Saat ini, baik Hughes maupun Kak Seto sudah mulai mensosialisasikan metode pembelajaran seperti itu. "Saya dengan Kak Seto akan mensosialisasikannya ke daerah-daerah. Karena memang kita membutuhkan dukungan orang-orang yang peduli," ujar Hughes. (kl/fia)