Karena Ganti Pengacara, Sidang Putusan Sandy Tumiwa Ditunda

Kistin Septiyani | Kamis, 03 Oktober 2019 20:01 WIB
Karena Ganti Pengacara, Sidang Putusan Sandy Tumiwa Ditunda

Kapanlagi.com - Sidang putusan kasus narkoba yang menjerat artis Sandy Tumiwa di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (3/10) terpaksa ditunda lantaran berkas yang kurang lengkap. Seperti diketahui, Sandy Tumiwa beberapa kali berganti pengacara dan saat ini Sandy Tumiwa didampingi oleh kuasa hukumnya Gus Bejo.

"Untuk itu (sidang) kita tunda sampai terpenuhinya legal standing. Diharapkan (kuasa hukum Sandy) bisa menunjukan surat pencabutan yang sebelumnya. Jangan sampai menimbulkan permasalahan," ujar Majelis Hakim.

Sidang pun ditunda sampai dua minggu kedepan dan akan kembali digelar pada 17 Oktober 2019. "Dengan demikian perkara ditunda hingga 17 Oktober mendatang," kata Majelis Hakim.

1 dari 2 halaman

1. Penjelasan Kuasa Hukum

Penjelasan Kuasa Hukum ©KapanLagi.com/Nuzulur Rakhmah
Usai sidang, Sandy Tumiwa beserta kuasa hukumnya Gus Bejo pun menjelaskan permasalahannya kepada awak media.

"Oke perlu saya sampaikan Sandy ini beberapa kali ganti lawyer. Jadi saya sebagai lawyer dalam perkara waktu posisi Sandy dituntut oleh jaksa, saya baru masuk. Secara administratif kita sudah mendaftarkan kuasa kita menyertakan pencabutan kuasa," jelas Gus Bejo.

"Namun ternyata ada beberapa hal yang memang belum lengkap, yang itu tanpa sepengetahuan kami selaku kuasa hukum Sandy yang baru. Karena kuasa tersebut memang di tempat majelis yang menyidangkan belum tertera. Maka kita akan melengkapi terlebih dahulu kuasa tersebut sehingga syarat materilnya bisa terlaksana dengan baik. Setelah lengkap, sesuai kata Majelis dua minggu kemudian akan dilakukan sidang putusan," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

2. Sandy Tumiwa Ikhlas

Sementara itu Sandy Tumiwa pun ikhlas dengan ditundanya sidang putusan hari ini. "Ya segala sesuatu pasti ada yang terbaik ya, kita yang penting berdoa aja. Tadi juga majelis hakim ingetin untuk terus berdoa dan jangan lupa solat malam. Kan (saya) udah bilang ikhlas, apapun yang terjadi ya terjadi, yang penting saya punya niat, niat saya untuk sembuh itu aja," pungkasnya.

Seperti diketahui, Sandy Tumiwa ditangkap oleh aparat Polsek Menteng di Hotel The Grove, Jakarta Selatan pada 1 Maret 2019. Polisi mengamankan barang bukti berupa narkotika jenis sabu seberat 0,23 gram. Sebelumnya, Sandy Tumiwa dituntut 6 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) serta denda uang sebesar Rp. 600 juta.

(kpl/rhm/TIN)


Reporter:  

Nuzulur Rakhmah

↑