Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kedatangan Jenazah Eril ke Rumah Duka Disambut Gerimis Hujan dan Sholawat Lantang

Minggu, 12 Juni 2022 21:13 WIB
Kedatangan Jenazah Eril ke Rumah Duka Disambut Gerimis Hujan dan Sholawat Lantang
Kedatangan jenazah Eril Kahn anak Ridwan Kamil di rumah duka ©instagram.com/emmerilkahn/liputan6

Kapanlagi.com - Jenazah putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz sudah berada di rumah duka di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat. Sebelumnya, saja Eril tiba di Indonesia sekitar pukul 15.25 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (12/6). 

Tak lama setelah tiba, Ridwan Kamil memimpin prosesi salat jenazah di Bandara Soeta dengan beberapa para pejabat lain, seperti Menteri BUMN, Erick Tohir, sebelum diberangkatkan ke rumah duka di Bandung. 

Sementara itu, kondisi di rumah duka sendiri sudah ramai dengan para pelayat sejak diumumkannya kedatangan jenazah Eril di Indonesia. Bahkan, meskipun diguyur hujan sejak sore, para pelayat tak bergeming dan setia menunggu putra sulung Gubernur Jawa Barat itu kembali pulang. 

1. Diguyur Hujan

Gambar

Dari pantuan tim KapanLagi yang berada di Gedung Pakuan, Kota Bandung, hujan sempat mereda sekitar pukul 18.15 WIB. Namun, tak berselang lama, gerimis kembali mengguyur Kota Bandung. 

Beberapa rombongan pejabat pun mulai berdatangan ke Gedung Pakuan. Selain pejabat, ada pula rombongan keluarga yang sudah menunggu kedatangan jenazah Eril. 

Kondisi ramai juga terlihat di pelataran Gedung Pakuan. Para warga, bahkan tak hanya dari Bandung turut melayat dan menunggu kedatangan jasad Eril di rumah duka. 

2. Sempat Ada Kendala

Gambar

Rombongan jenazah Eril berangkat dari Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 16.00 dan diperkirakan akan tiba di rumah duku pukul 18.00. Namun sayang, selama di jalan, rombongan sempat mengalami kendala karena padatnya kondisi jalan hingga menyebabkan macet. 

Dan sekitar pukul 19.45, rombongan jenazah Eril pun mulai terdengar dari kejauhan. Hujan yang mulanya turun mulai mereda seiring dengan lantunan sholawat yang menggema di Gedung Pakuan. 

3. Sampai di Rumah Duka

Gambar

Sampai di gedung Pakuan, Ridwan Kamil yang berada di dalam ambulans menyempatkan untuk menyapa para warga yang datang. Ia membuka jendela dan melambaikan tangan, serta melemparkan senyuman kepada warga dan wartawan. 

Setelah itu, di belakang ambulans menyusul beberapa rombongan keluarga yang lainnya dan juga rombongan pejabat. Jenazah Eril kemudian dikeluarkan dari dalam ambulans oleh petugas, setidaknya 8 orang. 

Selama dibawa masuk ke dalam tempat persemayaman, sholawat yang mengiringi pun masih terus terlantun dan makin menggema. Prosesi salat jenazah pun dimpimpin langsung oleh Ridwan Kamil.

4. Terseret Arus

Gambar

Sedikit informasi, Emmeril Kahn Mumtadaz dikabarkan menghilang setelah terseret arus sungai Aare di Bern, Swiss pada 27 Mei 2022 lalu. Pencarian pun dilakukan oleh tim SAR Swiss dengan menyusuri sungai Aare. 

Ridwan Kamil pun langsung terbang ke Swiss setelah mendengar kabar putranya menghilang. Di sana, pria yang akrab disapa Kang Emil ini turut membantu pencarian Eril dengan menyusuri sungai Aare. 

Namun sayang, pencarian pun tak membuahkan hasil. Setelah satu minggu pencarian, Ridwan Kamil dan keluarga kembali ke Indonesia. Keluarga pun sudah ikhlas dan menyatakan Eril meninggal dunia. Sebelum pulang, Kang Emil sempat melantunkan azan di tepi sungai Aare. 

5. Jasad Ditemukan

Gambar

Setelah dua pekan, jasad Eril pun akhirnya ditemukan di bendungan Engehalde yang berada di Bern, Swiss pada Rabu (8/6/2022) pagi waktu setempat. Seorang guru bernama Geraldine Beldi menemukan jasad Eril terapung di bendungan Engehalde.

Ridwan Kamil kemudian langsung terbang menujuk ke swiss untuk menjemput putranya. Di sana, ia juga memandikan jenazah Eril yang dikabarkan masih utuh dan wangi itu. 

Hari ini, jenazah Eril tiba di Indonesia dan hari Senin tanggal 13 Juni 2022, Eril akan dimakamkan di sebuah makan di samping masjid Al Mumtadz,yang mana, makan tersebut didesain sendiri oleh Ridwan Kamil untuk putranya. 

KapanLagi.com mengungkaptkan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz putra Ridwan Kamil. Rest in Peace.