Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kehilangan Semangat Hidup dan Depresi Karena Sakit, Perilaku Pak Ogah Berubah Seperti Anak Kecil

Rabu, 08 Desember 2021 20:05 WIB
Kehilangan Semangat Hidup dan Depresi Karena Sakit, Perilaku Pak Ogah Berubah Seperti Anak Kecil
Pak Ogah ketika menemui awak media di rumahnya © KapanLagi.com/Irfan Kafril

Kapanlagi.com - Meski kondisi kesehatannya stabil, Pak Ogah masih harus terbaring lemas di kasurnya. Bahkan karena penyakitnya itu, Pak Ogah sampai depresi bahkan kehilangan semangat hidupnya.

Saat ditemui di kediamannya di wilayah Jatiasih, Bekasi, (7/12) Selasa sore Pak Ogah terbaring lesu di tempat tidur. Bahkan ketika ditanyakan ia tidak direspons dengan cukup baik. Oleh karena itu, istri Pak Ogah, Yuyun Widayanti menjelaskan selama empat bulan terakhir suaminya memang mengalami perubahan.

"Selama empat bulan itu kondisi fisik bagus. Sudah bisa berjalan. Makan juga kadang-kadang melebihi pas lagi sehat, banyak lah gitu," ungkap Yuyun Widayanti.

"Cuman makannya pas selama empat bulan itu ya tertentu seperti wafer, ayam, dan roti. Kalau nggak ada roti nggak mau," lanjutnya.

1. Mempengaruhi Otaknya

Gambar

Yuyun pun juga menjelaskan bahwa penyakit yang dialami Pak Ogah ternyata mempengaruhi otaknya. Pak Ogah pun juga tak mau dibawa berobat alternatif maupun ke dokter.

"Sekarang ini udah nggak mau ke dokter, jadi sekarang banyak berobat ke alternatif," ucapnya.

2. Seperti Anak Kecil

Gambar

Selain itu, Yuyun pun menyebutkan sifat lelaki yang menciptakan zargon 'Gopek Dulu Dong' berubah seperti anak kecil. Karena Pak Ogah kerap marah-marah, menangis, bahkan keluar kamar mandi tanpa mengenakan busana.

"Karena penyakitnya saat ini lebih ke melemahnya otak, sehingga seperti anak kecil gitu. Seperti sesudah habis mandi, keluar kamar mandi telanjang. Selain itu suka marah dan menangis juga 'kok hidup susah amat'," pungkasnya.

3. Penyumbatan Otak

Gambar

Sebelumnya Abdul Hamid atau lebih dikenal dengan Pak Ogah memang telah dikabarkan sakit karena alami penyumbatan otak. Hingga kini, rupanya kondisinya kian memprihatinkan, bahkan daya ingatnya pun semakin memburuk.

Saat ditemui di kediamannya kawasan Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, (7/12) Selasa sore, Yuyun Widayanti, istri Pak Ogah mengungkap suaminya itu sering mengamuk. Hal itu dikarenakan Pak Ogah marah-marah kalau tak ada makanan favoritnya di rumah.

4. Marah-marah

Gambar

"Empat bulan ini makannya tertentu. Kalau buat makan, ayam. Kalau malam roti dan wafer. Kalau nggak ada itu, dua hari marah-marah aja," ungkap Yuyun.

"'Susah ya nggak ada uang lagi, susah banget sih hidup, masa nggak ada apa-apa'," lanjutnya.

5. Sering Linglung

Gambar

Selain itu, menurut Yuyun secara fisik kondisi Pak Ogah terlihat baik-baik saja, namun sikapnya kembali seperti anak kecil lagi. Bahkan Pak Ogah juga sering keluar rumah tanpa alasan jelas, biasanya ia ditemukan oleh tetangga lalu diantar pulang.

"Kadang-kadang dia gelisah, dia keluar entah ke mana. Nggak lama, ada yang nemuin udah sampe depan. 'Bu maaf bu ini bapak tadi kayak kebingungan di depan'," pungkasnya.

 

Topik Terkait