Kelainan Langka Baby Zio Bikin Joanna Alexandra Makin Dekat Dengan Anak-Anak

Rahmi Safitri | 16 Maret 2018, 08:45 WIB
Kelainan Langka Baby Zio Bikin Joanna Alexandra Makin Dekat Dengan Anak-Anak

Kapanlagi.com - Joanna Alexandra dan suaminya, Raditya Oloan, saat ini tengah berjuang demi kesembuhan anak keempat mereka yang masih berusia 9 bulan, Ziona Eden Alexandra Panggabean. Bayi cantik yang biasa dipanggil Zio itu menderita kelainan yang membuat kedua orangtuanya rela mengeluarkan banyak uang demi kesembuhannya.

Zio baru saja drop lagi karena tumbuh gigi dan flu sehingga selang bantuan pernafasannya dipasang lagi. Untungnya sekarang kondisi si baby sudah membaik. Orangtua dan tim dokter pun kini ingin Zio agar bisa gemuk lagi. Joanna dan Raditya menjelaskan kalau putrinya ini sebenarnya bukan sakit tapi menderita kelainan yang langka.

"Sebenernya bukan sakit tapi dia lahir dengan kelainan. Jadi dari kelainan itu mengakibatkan pertumbuhan organ-organnya berbeda dan ada beberapa yang ketinggalan. Di tulang lah, pernapasan, tenggorokan. Beberapa bagian dari tubuh yang kelainan tuh developing, artinya bisa tumbuh tapi emang terlambat. Di Indonesia termasuk jarang. Langka di dunia malah," jelas Raditya ditemui di Gedung Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (15/3).

Joanna dan Raditya tak pernah menganggap Zio punya kelainan langka © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaJoanna dan Raditya tak pernah menganggap Zio punya kelainan langka © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Kelainan yang diderita Zio ini disebut Campomelic dysplasia. Saat Joanna mengandung Zio, dia sama sekali tidak merasa ada kelainan bahkan saat USG pun aman. Kelainan ini baru diketahui saat putri bungsunya itu lahir. Segala tes dan pengobatan pun sudah dijalani, tapi Joanna dan Raditya belum sempat untuk mencoba berobat di luar negeri.

"Sampai saat ini belum sih, baru tes-tes darah. Tes darahnya di sini, dikirim keluar gitu. So far masih di sini," ujar Raditya.

Dari kelainan yang dialami oleh Zio ini, Raditya dan Joanna mengaku jadi banyak belajar. Istilahnya dapat hikmah di tengah semua ini. "Hubungan kami semakin baik dan bahagia karena ada Zio. Kita makin deket juga sama anak-anak. Buat kami, Zio itu bukan seseorang yang menderita penyakit langka, tapi Zio adalah yang membawa berkat yang langka," pungkas Zio.

Get better soon, Baby Zio :)

(kpl/pur/pit)

Reporter:  

Mathias Purwanto.