Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Keluarga Ungkap Kronologi Jimmy Gideon Meninggal Dunia, Sempat Jatuh dan Kepalanya Cedera

Senin, 27 Desember 2021 18:20 WIB
Keluarga Ungkap Kronologi Jimmy Gideon Meninggal Dunia, Sempat Jatuh dan Kepalanya Cedera
Jimmy Gideon meninggal dunia ©istimewa

Kapanlagi.com - Komedian Jimmy Gideon meninggal dunia pada Minggu, 26 Desember 2021 sekitar pukul 20.00 WIB dalam usia 58 tahun. Komedian yang memiliki nama lahir Abdul Aziz ini dimakamkan pada Senin (27/12/2021) di TPU Bojong Nangka, Tangerang. Sebelum meninggal dunia, sang istri, Ana Hasanah mengatakan suaminya dalam kondisi sehat.

"Nggak sakit. Cuma dua hari sebelumnya memang sempat batuk. Tapi itu mungkin karena kebanyakan ngerokok," kata Ana Hasanah di TPU Bojong Nangka, Tangerang, Senin (17/12/2021).

Jimmy, kata Ana Hasanah memang memiliki riwayat diabetes. Namun Ana meyakini, penyakit tersebut bukan penyebab sang suami meninggal dunia.

"Memang ada diabetes, tapi nggak pengaruh," tuturnya

Ana Hasanah melanjutkan, sebelum Jimmy Gideon meninggal dunia, suaminya sempat terjatuh pada sore hari di kamarnya.

"Maghrib jatuh, Isya sudah nggak ada. Jadi dia habis mandi lagi pakai baju, jatuh ke depan. Jatuhnya di kamar, bukan di kamar mandi," tuturnya.

1. Kepala Cidera

Akibat terjatuh, jidat sebelah kanan Jimmy Gideon benjut dan mengeluarkan darah. Saat kejadian itu, Ana menunggu anak-anaknya pulang. Belum sempat dibawa ke rumah sakit, Jimmy Gideon sudah menghembuskan napas terakhirnya.

"Benjol di jidat sebelah kanan dan mengeluarkan darah. Dia (almahrum) kayak bengong, matanya melek, tapi nggak bicara. Habis itu saya panggil adik saya," ujar Ana.

"Balik ke kamar lagi dia suaranya seperti orang ngorok. Nggak beberapa lama dia tertidur, sudah nggak ada," tuturnya.

2. Lepas Kepergian Mendiang

Gambar

ari pantauan, Jasad Jimmy yang dibawa ambulans, tiba di TPU Bojong Nangka pukul 12.58 WIB diikuti dengan iringan para pelayat. Tampak hadir di pemakaman, sejumlah rekan artis seperti H. Komar, Derry Sudarisman, Ginanjar dan Eman.

Saat proses pemakaman, tampak putra Jimmy turun ke liang lahat untuk mengantarkan jenazah sang ayah ke peristirahan terakhirnya.

Terdengar lantunan Adzan dan iqomah dikumandangkan dari dalam liang lahat sebelum akhirnya tanah merah menutup jasad almarhum. Usai pusara sang komedian tertutup tanah, keluarga melakukan prosesi tabur bunga, kemudian dilanjut dengan doa.

3. Keluarga Antarkan Jenazah ke Tempat Peristirahatan Terakhir

Saat prosesi pemakaman berlangsung, sang istri Ana Nurhasanah, terlihat di antara para pelayat. Dia dan kelima anaknya tampak tegar mengiringi Jimmy Gideon ke peristirahatan terakhirnya. 

Jimmy Gideon mulai dikenal banyak orang setelah membintangi sinetron komedi Gara-Gara bersama Lydia Kandou pada tahun 1990-an. Jimmy Gideon tergabung dalam kelompok lawak Gideon bersama Sion Gideon dan Habil Gideon.

4. Meninggal Dunia

Nama Jimmy sendiri berasal dari nama julukan masa kecilnya. Ia disebut begitu lantaran waktu kecil wajahnya mirip Presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter.

Jimmy Gideon meninggal dunia dalam usia 58 Tahun. Sang Komedian meninggalkan satu istri, Ana Hasanah  dan 5 anak, Roberto, Alberto, Zela, Lumberto, dan Limverto.