Kenangan Terakhir David Naif Atas Yon Koeswoyo, Sosok Yang Menginspirasi

Ahmat Effendi | 07 Januari 2018, 13:15 WIB
Kenangan Terakhir David Naif Atas Yon Koeswoyo, Sosok Yang Menginspirasi

Kapanlagi.com - Selama puluhan tahun, Koes Plus yang digawangi almarhum Yon Koeswoyo dikenal sebagai grup musik yang telah menelurkan banyak karya. Banyak musisi yang lebih muda terinspirasi dari band legendaris tersebut. Salah satunya adalah Naif yang sebagian lagunya terinspirasi dari band tersebut.

"Secara personal nggak dekat banget ya, tapi dulu pernah sekali saya ketemu beliau di bandara, kita ngobrol sebentar, foto, terus saya minta tand tangan di casing kacamata saya. Itu terakhir ketemu beliau," ujar David Naif di rumah duka, kawasan Pamulang, Tangsel, Jumat (5/1).

Dari pertemuan di salah satu restoran bandara tersebut, David pun terus menyimpan casing kacamata yang terdapat tanda tangan almarhum. Meski tidak pernah berkolaborasi dengan Koes Plus, tetap saja band yang digawangi Yon Koeswoyo tak bisa dihilangkan dari sejarah Naif.

Almarhum Yon Koeswoyo merupakan salah satu inspirator dari Naif. Cr: KapanLagi.com/Agus ApriyantoAlmarhum Yon Koeswoyo merupakan salah satu inspirator dari Naif. Cr: KapanLagi.com/Agus Apriyanto

"Dia inspirator, buat naif dan saya secara pribadi. Yang Paling dikenang ya karya-karyanya dia, legacy-nya dia itu," tuturnya.

David pun mendoakan yang terbaik untuk almarhum Yon Koeswoyo dan keluarga yang ditinggalkan. Banyak lagu Koes Plus yang dikenal bahkan sampai negara tetangga. Selain itu karya-karya Koes Plus pun merupakan inspirasi bagi band setelahnya.

"Secara penampilan manggung, Om Yon ini menginspirasi Naif seperti pas kita buat lagu piknik 72 itu, kita kiblatnya ke Koes Plus banget itu. Bisa dibilang tanpa Koes Plus nggak ada Naif. Kita hormati banget karya mereka. Harusnya kita lebih menghargai beliau selama masih ada. Orang biasanya seperti itu, pas udah nggak ada jadi lebih menghargai, valuenya jadi tinggi, kenapa ga waktu beliau masih hidup dihargai secara lebih? Saya lebih memilih untuk menghargai beliau semasa hidupnya namun tetap juga menghargai sosok Om Yon saat sudah tidak ada," tandasnya.

(kpl/aal/sjw)

Reporter:  

Sahal Fadhli