Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kesulitan Ekonomi, 3 TKI Harap Kebaikan Ustaz Yusuf Mansur di Sidang Mediasi

Kamis, 27 Januari 2022 17:36 WIB
Kesulitan Ekonomi, 3 TKI Harap Kebaikan Ustaz Yusuf Mansur di Sidang Mediasi
TKI harap kebaikan Ustaz Yusuf Mansur ©instagram.com/yusufmansurnew

Kapanlagi.com - Sidang mediasi kasus dugaan perbuatan melawan hukum yang menjerat Ustaz Yusuf Mansur batal digelar pada Selasa (25/1/2022). Hal itu disebabkan hakim mediator berhalangan hadir.

Sidang dengan agenda yang sama akan digelar dalam dua pekan mendatang. Asfa Davy Bya, kuasa hukum penggugat berharap Ustaz Yusuf Mansur selaku tergugat hadir dalam sidang mediasi nantinya.

"Dua minggu lagi masih mediasi, kami berharap nanti para prinsipal juga ikut hadir. Nanti 3 orang (penggugat) ini kami akan hadirkan, kami juga berharap saudara Yusuf Mansur juga ikut hadir supaya mereka ketemu, ya," kata Asfa Davy Bya di Pengadilan Negeri Tangerang, Selasa (25/1/2022).

1. Berharap Kembalikan Uang

Gambar

Dalam mediasi nanti, Asfa Davy berharap kebaikan Ustaz Yusuf Mansur untuk mengembalikan uang kliennya dengan nilai kerugian masing-masing Rp180 juta. Sebab, Asfa mengatakan saat ini kliennya sedang dilanda kesulitan ekonomi.

"Ketiganya sudah tidak lagi bekerja sebagai TKI. Mereka kesulitan ekonomi mereka susah, kalau mereka enggak susah ya ngapain mereka sampai menggugat ini," kata Asfa Davy Bya.

2. Tak Ingin Masalah Lanjut ke Pengadilan

Gambar

Jika kata sepakat bisa terjadi di dalam mediasi, Asfa mengaku lega. Sebab baik dirinya dan kliennya tidak ingin masalah tersebut bergulir lama di pengadilan.

"Kali bisa diselesaikan secara mediasi ya sudah kita juga enggak mau lama-lama . Gugatan kita sudah jelas nanti jadi tinggal dari pihak tergugat yang menanggali, kami mengugat sudah jelas nanti dari guggatan kami apa yang akan ditanggapi oleh mereka," ungkapnya

3. Investasi Tabung Tanah

Gambar

Diberitakan sebelumnya, ketiga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hongkong yakni Suratih, Aida Alamsyah, dan Yeni Rachmawati, mengikuti investasi tabung tanah sejak tahun 2014 silam.

Pada saat itu mereka tertarik ikut dalam program tersebut setelah ditawarkan oleh Ustaz Yusuf Mansur ketika mengisi ceramah agama di Hongkong.

4. Wajib Jadi Anggota Koperasi

Gambar

Pada saat itu, ketiga tergugat masing-masing menginvestasikan dana sekitar Rp 5 juta untuk patungan pembelian tanah dengan harga per meter senilai Rp2,2 juta.

Untuk ikut investasi tabung tanah, ketiganya diwajibkan mendaftar sebagai anggota koperasi Merah Putih yang memungut biaya Rp200 ribu.

Namun semenjak terdaftar sebagai investor dalam investasi tabung tanah, ketiganya tidak mendapatkan kabar tentang kejelasan program investasi tabung tanah tersebut.

5. Janjikan Keuntungan

Gambar

Pembagian hasil keuntungan juga tidak pernah mereka terima sejak 2014 silam. Padahal di awal kerja sama, Yusuf Mansur menjanjikan bagi keuntungan.

Ketiga TKI tersebut sudah berupaya menghubungi Ustaz Yusuf Mansur untuk meminta penjelasan. Namun Yusuf Mansur sulit dihubungi. Apalagi ditemui.

Alhasil ketiganya melakukan langkah hukum dengan menggugat Ustaz Yusuf Mansur secara perdata.