Ki Kusumo Kawal Veteran Tuntut Hak

Darmadi Sasongko | 11 November 2011, 14:03 WIB
Ki Kusumo Kawal Veteran Tuntut Hak
Kapanlagi.com - Sekitar 1000 massa yang mengatasnamakan Aliansi Penghuni Rumah Negara (APRN), bersama Ki Kusumo menggelar aksi massa di depan kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11/2011). Massa yang terdiri dari veteran, warakawuri, purnawirawan dan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu datang dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Makasar, Bogor dan Medan.

Pengawalan ketat dari Komando Pejuang Merah Putih (KPMP), Ketua APRN Prastopo menuntut pemenuhan hak atas perumahan dan pelaksanaan Perpres nomor 11 tahun 2008 yang membolehkan pembelian rumah negara. Mereka juga menuntut penghentian kekerasan oleh Oknum TNI dan kriminalisasi terhadap penghuni rumah dinas.

"DPR RI Komisi I telah bersepakat dengan Menteri Pertahanan RI dan Panglima TNI untuk melakukan moratorium segala bentuk penggusuran atau pengusiran paksa. Ternyata para komandan bawahan di lingkungan militer berani menginjak-injak kesepakatan dan kebijakan para pemimpinnya,” ucap Prastopo.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Umum KPMP yang juga pelakon dunia entertainment, Ki Kusumo yang meminta pemerintah jangan setengah hati melaksanakan perundang-undangan tentang rumah negara.

“Laksanakan peraturan perundang-undangan secara konsisten dan jangan menggusur rumah dinas negara. Saya mengharapkan kepada pemimpin, khususnya Menkopolhukam supaya menghapus dan memberhentikan penggusuran secara paksa kepada pejuang veteran maupun purnawirawan TNI dan Polri,” ujarnya.

Aksi massa pun dilanjutkan dengan longmarch menuju Istana Negara, Jakarta. Selanjutnya, bergabung dengan ratusan mahasiswa yang mendukung gerakan mereka dan kembali melakukan orasi.  (kpl/ato/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko