Ki Kusumo: Kita Pemuda Indonesia, Bukan Tionghoa Atau Jawa

Darmadi Sasongko  | 30 Oktober 2012, 08:51 WIB
Ki Kusumo: Kita Pemuda Indonesia, Bukan Tionghoa Atau Jawa
Kapanlagi.com - Berbeda-beda tetapi tetap satu jua, itulah makna semboyan Bhineka Tunggal Ika yang harus tetap menjadi pegangan bangsa ini. Para pemuda harus memperkokoh persatuan dan kesatuan demi terwujudnya Indonesia yang satu.

Pernyataan itu keluar dari mulut pelakon dunia hiburan Ki Kusumo yang juga Ketua Umum Komando Pejuang Merah Putih (KPMP). Dia berharap peringatan Sumpah Pemuda ke-84 seharusnya dijadikan momentum para pemuda memperkokoh persatuan dan kesatuan.

"Lewat Sumpah Pemuda, mari kita hilangkan perbedaan demi terwujudnya Indonesia Satu. Kita pemuda Indonesia, bukan pemuda Tionghoa, Jawa, Batak, Betawi atau pemuda Sunda, dan lainnya," ujar Ki Kusumo saat menggelar renungan Sumpah Pemuda bersama massa KPMP di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/10).

Menurut Ki Kusumo, segala hal yang bisa memecah belah bangsa seharusnya tidak dilakukan. Aksi tawuran atau bentrok antar warga harus dihentikan. Segala macam perselisihan yang akan memecah belah negeri ini distop. Generasi muda penerus bangsa, selayaknya memajukan kegiatan positif demi tercapainya bangsa yang mandiri dan bermartabat.

"Kita harus semangat untuk menjadikan negeri ini lebih baik lagi. Dengan satu komando Indonesia satu, kita rapatkan barisan. Kita lawan korupsi, kita tegakkan hukum di Indonesia, serta jaga budaya bangsa," tegas Ki Kusumo. (kpl/ato/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko