Kisah Gary Iskak Dua Tahun Sembunyikan Idap Hepatitis C, Badan Kurus Turun 12 Kilo!

Selasa, 27 Juli 2021 08:00 WIB
Kisah Gary Iskak Dua Tahun Sembunyikan Idap Hepatitis C, Badan Kurus Turun 12 Kilo!
Gary Iskak © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu Gary Iskak menjalani perawatan intensif di rumah sakit selama delapan hari. Sempat dikabarkan meninggal dunia, kini sang aktor tengah menjalani rawat jalan berkenaan dengan penyakit Hepatitis C yang diidap.

Kepada awak media, Gary mengaku sudah merasakan gejala pada tubuhnya sejak dua tahun lalu. Namun suami dari Richa Novisha ini memilih diam saja.

Pria yang dikenal sering memerankan karakter kemayu tersebut tetap giat bekerja dengan mengabaikan kondisi kesehatan naik turun. Hingga akhirnya tumbang dan dilarikan ke rumah sakit.

"Saya ngalamin penyakit ini sudah dua tahun, saya tahan selama dua tahun. Akhirnya ya tumbang juga karena nggak bisa didiemin, kondisi naik turun terus ada mual, pusing, ngilu-ngilu, ada gerd juga jadi satu," kata Gery dalam jumpa pers virtual, baru-baru ini.

1. Berat Badan Menyusut

Sebelum dilarikan ke rumah sakit, Gary Iskak ngotot tetap ingin berangkat kerja meski sudah diingatkan agar beristirahat. Benar saja, tak berapa lama ada di lokasi syuting ia langsung jatuh tak sadarkan diri.

"Sebenarnya udah capek banget tapi saya tetap maksain kerja syuting. Udah diwanti-wanti sama istri, sama ibu saya, sama mertua juga, jangan dipaksain kalau mau kerja nanti malah itu. Tapi saya yang nggak papa, bismillah. Eh, bener, kejadian. Kebetulan lagi nemenin istri kerja, habis tidur, bangun, jatuh, langsung dibawa ke rumah sakit," kisah Gary.

Karena penyakitnya ini, badan Gary tampak menyusut menjadi kurus dan tak seberisi dulu. Ia mengaku bila berat badannya turun secara drastis sampai dua belas kilogram.

"Saya turun dua belas kilo. Dari tadinya sembilan puluh, sekarang tujuh puluh delapan," tutup sang aktor yang kini fokus pada kesembuhannya agar bisa bekerja seperti sedia kala.

2. Makanan Kesukaan Jadi Pantangan

Selama rawat jalan, Gary diwajibkan mengatur pola makan lantaran banyak sekali pantangan masuk ke dalam perut. Supaya semua berjalan lancar, Richa Novisha sebagai istri turun tangan dalam mengontrol. Sekiranya ada makanan yang tak boleh dikonsumsi, ia meminta Gary menahan diri.

"Makannya dia memang harus dikontrol, banyak pantangannya, ini nggak boleh, itu nggak boleh. Sekarang paling minta dia untuk nahan. Tugas saya menahan karena ini yang terbaik buat dia," kata Richa saat wawancara via Zoom beberapa waktu lalu.

Makanan yang menjadi pantangan seorang Gary Iskak ternyata semua yang menjadi kesukaannya. Karenanya, terkadang Richa Novisha merasa kasihan sang suami hanya bisa melihatnya makan tanpa bisa ikut menikmati.

"Kita kalau jadi dia pasti kesiksa ya. Biasa makan pedas sekarang nggak boleh pedas, biasa makan enak kayak mi goreng juga nggak boleh. Saya jadinya nggak enak juga. Kalau misal lagi makan pedas dia kayak 'Cobain dong dikit aja', tapi saya nggak ngebolehin. Kasihan sebenarnya tapi mau gimana," jelas Richa.

Mengingat demi kondisi kesehatannya, Gary Iskak pun menurut saat istri melarang makan ini dan itu. Yang ada dia hanya bisa melihat saja tanpa berani memakan.

"Kadang cuma pengin lihat istri makan apaan. Ya udahlah mau gimana daripada dirawat lagi," tegas Gary.