Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kisah Unik Kapten ZAN Sebagai Streamer Facebook, Dapat Istri dari Game yang Kini Mualaf

Sabtu, 25 Juni 2022 11:53 WIB
Kisah Unik Kapten ZAN Sebagai Streamer Facebook, Dapat Istri dari Game yang Kini Mualaf
Kapten ZAN / Credit Foto: Facebook - zan.stream

Kapanlagi.com - Bagi para gamer, nama Kapten ZAN atau Muhammad Fauzan pasti sudah tak asing lagi. Ia merupakan seorang kreator Facebook Gaming dengan akun FB @zan.stream yang sudah memiliki 1,1 juta pengikut.

ZAN yang berasal dari Kota Tolitoli, Sulawesi Tengah ini menemukan hobi, dan karier melalui game. Bahkan, dia juga bertemu dengan jodohnya, yakni sesama streamer bernama Nguyen Xuan Mai. Istimewanya, kini mereka sudah menikah.

Nah beberapa waktu lalu, ZAN pun menceritakan pengalaman dan perjalan kariernya sebagai seorang streamer kepada tim JalanTikus. Ada beberapa hal menarik yang membentuknya hingga menjadi content creator populer di Facebook Gaming saat ini.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Penasaran? Simak ceritanya di bawah ini..

1. Berawal dari Iseng-iseng

Gambar

Sebelum menjadi streamer, ZAN bekerja di sebuah perusahaan sebagai seorang programmer, di mana profesi itu memang impiannya sejak lama. Saat itu, Ia sudah gemar main game sambil melakukan live streaming. Bahkan, dia berpikir untuk pindah jalur karier, meski saat itu profesi gaming belum booming dan menjanjikan seperti sekarang ini.

"Saat iseng-iseng streaming, saya dihubungi oleh MainGames Indonesia, creator service provider dan partner resmi dari Facebook Gaming. Dihubungi untuk gabung jadi partner yang ternyata dibayar kan, siapa yang nolak?" ujar Top 10 player PUBG Asia ini sambil tertawa.

2. Sempat Kesulitan di Awal Karier

Gambar

Fauzan yang pernah masuk tim esports Armored Project Alpha ini juga pernah merasakan masa-masa kesulitan saat memulai menjadi streamer, misalnya masalah viewer yang sedikit.

Namun, BA Team Secret ini tak menyerah dan terus konsisten menggeluti hobinya tersebut. Bahkan, dia melakukan live streaming di FB Gaming setiap hari pukul 13:00 WIB dan dilanjutkan kembali pukul 20:00 WIB. Dari usaha dan konsistennya, tak heran jika kini gaji ZAN bisa membuatnya punya rumah, mobil, dan studio streaming yang proper.

"Kalau misalnya kamu baru jadi streamer yang niatnya mau cari penghasilan, itu biasanya enggak bertahan lama. Jadi, harus suka main game dulu dan konsisten," pungkasnya.

3. Temukan Jodohnya dari Game

Gambar

Bertemu jodoh saat main game bisa dibilang salah satu keberuntungan Kapten ZAN. Pemilik akun IG @fauzan.me ini bertemu dengan seorang perempuan bernama Nguyen Xuan Mai saat bermain game Playerunknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile.

PDKT berlanjut di WhatsApp dan media sosial. Mereka pun menjalani hubungan jarak jauh: Mai di Amerika, Fauzan di Indonesia. Namun, keduanya sempat ragu menjalin hubungan karena perbedaan agama dan negara.

"Saat itu aku bilang, mending kamu cari pacar di Indonesia. Aku sama kamu pasti enggak ada hasil karena aku juga masih sekolah dan enggak ada rencana pacaran," kenang Mai yang juga pemilik akun FB Gaming @xmei.live.

Seiring berjalannya waktu, Mai mulai jatuh cinta dengan ZAN. Bahkan, saat liburan ke tanah kelahirannya di Vietnam, Mai rela terbang ke Indonesia demi bertemu dengan ZAN. Sejak saat itu, dia yakin dengan ZAN.

"Aku belum pernah pacaran dan ini first love aku," ujarnya.

Mai juga memantapkan hati memeluk agama Islam dan akhirnya menikah dengan ZAN. Kini, keduanya telah dikaruniai seorang putra bernama Haris.

4. Pesan ZAN untuk Para Streamer Pemula

ZAN menyarankan bagi kamu yang pemula untuk mengikuti kelas-kelas gratis. Salah satunya program Maingames Academy dari MainGames Indonesia, creator service provider dan partner resmi dari Facebook Gaming.

Di Maingames Academy, kalian bisa belajar dan tonton video edukasi tentang live streaming secara GRATIS dengan mengunjungi website academy.maingames.com. Ada juga program inkubasi, di mana peserta akan menjalani mentoring selama 1 bulan secara GRATIS! Kalian akan mendapatkan bimbingan intensif serta kelas online untuk mendalami dunia streaming. Peserta nantinya berkesempatan untuk langsung bergabung menjadi partner dari Facebook Gaming.

"Buat yang baru mulai live streaming yang viewer-nya masih sedikit jangan langsung putus asa. Yang kalian lihat sekarang itu juga digapai dari bawah. Jadi jangan langsung menyerah dan tetap semangat," pesan ZAN.

 

Topik Terkait