Komedian Jarwo Kwat Gelar Betawi Fashion Week di Setu Babakan

Ahmat Effendi | 17 September 2016, 10:19 WIB
Komedian Jarwo Kwat Gelar Betawi Fashion Week di Setu Babakan

Kapanlagi.com - Ketua Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI) DKI Jakarta, Sujarwo atau biasa disapa Jarwo Kwat menggelar acara Rupa-Rupa Jakarta yang bertujuan untuk memotivasi generasi muda agar peduli dengan budaya asli Jakarta. Festival yang digelar pada tanggal 14-17 September itu bertempat di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Ada lomba pantun, lenong, bazar, Betawi fashion week, Betawi food festival dan lain-lain. Festival ini juga sekaligus memperingati berdirinya Setu Babakan yang ke-16 yang jatuh pada tanggal 15 September," ujar Jarwo di Jakarta, Jumat (16/9).

Ingin memotivasi generasi muda untuk peduli dengan budaya Betawi, Jarwo Kwat gelar acara 'Rupa Rupa' © KapanLagi.com/Dedi RahmadiIngin memotivasi generasi muda untuk peduli dengan budaya Betawi, Jarwo Kwat gelar acara 'Rupa Rupa' © KapanLagi.com/Dedi Rahmadi

Jarwo mengatakan acara tersebut diramaikan oleh Bagito grup, Aziz Gagap, Rico Ceper, Derry dan Ginanjar 4 Sekawan, Akri dan Tarzan serta seniman Betawi lainnya.

"Acara ini bukan hanya untuk orang Betawi, semua elemen yang peduli dengan Jakarta boleh ikut serta," jelas pentolan Indonesia Lawak Klub (ILK) itu.

Rupa-Rupa Jakarta yang bertujuan untuk memotivasi generasi muda agar peduli dengan budaya asli Jakarta ©KapanLagi.com/Dedi RahmadiRupa-Rupa Jakarta yang bertujuan untuk memotivasi generasi muda agar peduli dengan budaya asli Jakarta ©KapanLagi.com/Dedi Rahmadi

Salah satu komunitas yang berpartisipasi adalah Melati Putri Pertiwi (MPP), kumpulan dari perempuan-perempuan pengusaha, politisi, hingga artis. Ketua MPP, Ala Alatas mengatakan pihaknya hadir bersama artis senior Ayu Azhari dan Hana Fadel Muhammad untuk ikut andil dalam pelestarian dan pengembangan seni budaya Betawi.

"Warga Jakarta harus bersama memperkuat budaya Betawi. Kebudayaan Betawi bukan hanya sekedar silat, tarian, dan makanan saja, tapi budaya Betawi juga mempunyai ciri khas seperti ukiran dan ornamen lainnya," pungkas Ala.

(kpl/ded/sjw)

Reporter:   Dedi Rahmadi