Komnas Anak Sediakan Pengasuh Untuk Anak Andi Soraya

Noviana Indah TW | 01 September 2010, 21:56 WIB
Komnas Anak Sediakan Pengasuh Untuk Anak Andi Soraya
Kapanlagi.com - Akhirnya Andi Soraya akan segera menjalani hukumannya di dalam penjara. Dan mengenai pengasuhan kedua anaknya, Komnas Anak juga telah mengambil beberapa alternatif. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait, saat dihubungi melalui telepon, Rabu (01/09).

"Sesuai hasil konsultasi kita kemarin, kami memberikan dua saran yang utama. Pertama, Aya harus taat kepada hukum yang sudah inkrah dan yang kedua, anak harus dititipkan ke pengasuh alternatif tapi diutamakan keluarga terlebih dahulu," terangnya.

"Kondisinya, bapaknya anak-anak itu kan ada dua orang. Jika pihak keluarganya tidak ada yang mengasuh baru diserahkan atau diberikan perlindungan oleh Komnas. Nah, Andi itu sudah setuju dengan dua hal tersebut. Jadi, statusnya single parent terus keluarga sudah tercerai berai. Jika tidak ada yang mengurus anak-anak, Komnas sudah bersedia," lanjut Arist.

Lalu, tindakan apakah yang akan dilakukan oleh Komnas Anak terkait kejadian ini?

"Masih diupayakan keluarga dulu. Kalau tidak ada, alternatif terakhir Komnas akan berperan. Dalam satu atau dua hari ini akan diputuskan. Kami sudah sediakan pengasuh. Kita akan sesuaikan dengan keinginan anak-anak. Kalau anak-anak maunya di rumah, kita akan kirim pengasuh. Jika tidak mau, kita akan siapkan di rumah perlindungan sosial. Jadi, semata-mata ini hanya untuk kepentingan untuk anak-anak, untuk kasus, kita tidak ingin ikut campur," tegasnya.

Karenanya, Arist pun menjelaskan jika pihaknya telah memberikan surat pada Kejaksaan agar eksekusi Andi tidak dilakukan di depan anak-anak.

"Kami hanya minta dalam surat ke Kejaksaan, saat eksekusi tidak dilakukan di depan anak-anak dan memberi waktu agar Andi Soraya untuk menyediakan pengasuh alternatif keluarga karena dia kesulitan menghubungi dua ayah anak-anaknya," pungkas Arist.  (kpl/hen/npy)

Editor:  

Noviana Indah TW